infosawit

Perusahaan Sawit ANJ Dapat Dukungan 9 Marga di Distrik Kais



Foto: Dok. ANJ
Perusahaan Sawit ANJ Dapat Dukungan 9 Marga di Distrik Kais

InfoSAWIT, SORONG SELATAN – Sembilan marga yang berdomisili di Distrik Kais telah mencapai kesepakatan damai dan sepakat untuk mendukung penuh kelancaran operasional prusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) di Kabupaten Sorong Selatan.

"Kesepakatan yang ditandatangani di Kantor Distrik Kais di Kampung Kais antara perwakilan marga Kaitau, Saimar, Bonisau, dan Bandi dengan ANJ adalah bentuk perhatian perusahaan bagi masyarakat di Kais dan mulai hari ini kami ciptakan damai,” kata Kepala Distrik Kais, Yulius Keba, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWITbelum lama ini.

Kepala Departemen Hubungan Pemerintah dan Pemangku Kepentingan ANJ, Gritje Fonataba, di Sorong mengatakan, kesepakatan ini adalah jawaban resmi ANJ terhadap delapan butir aspirasi yang pernah disampaikan oleh masyarakat Kais yang tergabung di dalam kesembilan marga tersebut. 

Lebih lanjut tutur Gritje, dalam mengembangkan perusahaan di Sorong Selatan, pihaknya bermaksud untuk mengembangkan Papua bersama saudara-saudara. “Kami harapkan, ke depan ada komitmen yang baik dalam mendukung operasi kami tanpa hambatan lagi,” ujar Gritje, yang juga adalah Ketua Tim ANJ pada pertemuan ini.

Sementara Sekretaris Distrik Kais, Benyamin Abago, menganggap, perusahaan sudah menjawab aspirasi masyarakat. “Selanjutnya harus jelas bahwa keamanan operasi harus kita jaga bersama,” tuturnya.

Penyelesaian ini juga mencakup pelepasan tanah ulayat untuk pembangunan jalan koridor sebagai akses untuk pembangunan jetty di daerah Jamarema di Distrik Metamani dan juga kelancaran penggunaan sungai Kais untuk mendukung operasional ANJ. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit