infosawit

Evan, Si Bocah Jenius Dari Sawit



Evan beserta Ibundanya.
Evan, Si Bocah Jenius Dari Sawit

InfoSAWIT, KALTIM - Sosok bocah berpostur badan tinggi ini, terbilang sangat pendiam. ketenangan tergambar dari raut wajahnya, yang selalu berpikir terlebih dahulu sebelum mengatakan sesuatu. namun, suasana hangat dan ramah terpancar tatkala bocah itu mulai bercerita.

Sosok bocah bernama Evan Koyongian, merupakan putra sulung dari ibu Deyske Caroline Aror yang berasal dari Manado. Kendati masih berusia 12 tahun, namun Evan sudah memiliki segudang prestasi dalam pencapaian belajarnya. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kelas 4, Evan kerap kali mengikuti perlombaan sains antar sekolah hingga antar kecamatan dan kabupaten.

Sebelum mengikuti ASMOPS, tepatnya tanggal 2-8 Juli 2017, ia juga mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Pekanbaru, Riau. Proses seleksi ketat yang dilakukan Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Timur melalui penjaringan dari seleksi antar kecamatan hingga kabupaten agar mendapatkan kualitas yang mendekati kesempurnaan. Terpilihnya Evan di awal tahun 2017 silam akhirnya menempatkan dirinya sebagai perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, yang akan bertanding di arena OSN.

Sayangnya dalam ajang tersebut ia belum mampu meraih medali. Namun begitu, Evan tidak berkecil hati, karena selama proses seleksi, Evan sangat menikmati interaksinya dengan pelajar berprestasi dari seluruh perwakilan propinsi. Hal ini membuat dia menjadi lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya dan terus semangat berprestasi. Ketika ditanya apakah kedepan akan terus mengikuti perlombaan dibidang sains kedepannya, pelajar yang bercita-cita menjadi seorang penemu bertaraf internasional menjawab tegas “Iya”.

Kisah menarik hidup Evan lainnya juga berlanjut ketika Evan juga pernah terpilih sebagai siswa yang menyampaikan pidato dalam Bahasa Inggris dengan tema “Bahaya Narkoba Pada Generasi Muda”. pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017, di hadapan Bupati Kutai Timur dan para peserta upacara lainnya. (T1)

Lebih Lengkap Baca InfoSAWIT edisi MEI 2018

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit