infosawit

MENJAGA LINGKUNGAN ALAM DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT



MENJAGA LINGKUNGAN ALAM DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT

Industri perkebunan kelapa sawit belakangan ini kian marak berkembang diantero Indonesia. Keberadaan industri minyak sawit mentah ini memberi kontribusi positif pada pertumbuhan laju perekonomian masyarakat di sebuah teritori. Dari kacamata bisnis, profit (keuntungan) adalah target prioritas. Namun, jangan lupakan people (masyarakat) sebagai faktor pendukung roda bisnis korporasi. Sebab, tanpa peran serta masyarakat internal dan eksternal sukar rasanya mewujudkan nilai budaya perkebunan yang ideal. Yang terakhir, jangan lupa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat rezeki yang diraih dari bisnis yang dijalani dengan memerhatikan kelestarian planet (lingkungan) tempat di mana kita berpijak mendulang rupiah. Insyaallah, jika ketiga faktor ini konsisten diterapkan, sustainability (keberlanjutan) roda bisnis korporasi akan terus berjalan.

Peran serta masyarakat boleh dikata menjadi yang utama bagi perkebunan kelapa sawit untuk memajukan perusahaan perkebunan. Pasalnya tanpa adanya keterlibatan masyarakat, pembangunan perkebunan kelapa sawit sendiri akan menemui banyak kebuntuan. Lantaran, perkebunan kelapa sawit, sangat membutuhkan keterlibatan masyarakat dalam setiap aktivitasnya.

Seperti saat pembukaan lahan perkebunan contohnya. Sudah menjadi hal yang lumrah, dalam proses pembangunan perkebunan kelapa sawit biasanya badan usaha memanfaatkan jasa tenaga kerja lokal. Sebaliknya keberadaan perkebunan kelapa sawit di daerah juga menjadi andalan bagi masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan.

Seperti yang dituturkan Novera (43) warga lokal kelahiran Desa Tempilang ini, ia sudah bekerja di perusahaan sejak awal pembukaan perkebunan kelapa sawit. Saat itu dirinya mengajukan lamaran ketika adanya informasi kepada masyarakat sekitar mengenai rencana pembukaan perkebunan kelapa sawit di desanya.

Mulanya Novera bekerja sebagai tenaga rawat tanaman yang bertugas setiap hari untuk melakukan pembersihan, pemupukan dan perawatan pokok tanaman. Setahun berganti ia berkesempatan menjadi staf administrasi afdeling yang bertugas di kantor . . . .

 


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit