infosawit

Kemamputelusuran Pabrik Sawit GAR Gandeng Geotraceability & Koltiva



Kemamputelusuran Pabrik Sawit GAR Gandeng Geotraceability & Koltiva

InfoSAWIT, JAKARTA – JAKARTA – Dalam upayanya mencapai kemamputelusuran hingga ke perkebunan kelapa sawit, Golden Agri-Resources Ltd., (GBR) mendapat dukungan dari Geotraceability (GeoT) yang menggunakan solusi peranti lunak guna membantu para pemasok, termasuk pabrik skala kecil dan menengah, untuk mengumpulkan informasi penelusuran.

Merujuk informasi dari perusahaan, GAR dan GeoT telah membangun pendekatan yang inklusif untuk meningkatkan transparansi rantai pasokan, yang membuat seluruh pemasok untuk bergabung terlepas dari apapun level pengetahuannya.

CEO dari GeoTraceability, Pierre Courtemanche mengatakan, kemamputelusuran dan upaya untuk merangkul pemasok adalah sebuah proses pengembangan yang terus berjalan. Peranti lunak untuk mendukung skim tersebut pun terus dikembangkan. “Dilakukan ujicoba dan ditingkatkan dengan lebih dari 250 ribu petani swadaya di dalam basis data kami,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Para produsen ini bukan hanya sekedar berupa angka namun merupakan bentuk partisipan aktif dalam rantai pasokan yang dinamis dan bisa ditelusuri. Dalam cara kerja GeoT menyampaikan pesan bahwa dalam waktu dekat, sumber yang tidak transparan tidak akan bisa diterima.

Sementara pihak Koltiva membantu melakukan verifikasi sumber-sumber komoditas berkelanjutan mulai dari petani swadaya melalui aplikasi pada situs dan mobile. Hingga kini, Kotiva Field Agents telah mendaftarkan 16 agen minyak kelapa sawit (pengepul/pedagang), memetakan dan verifikasi  9.105 hektar perkebunan yang dimiliki atau dikelola oeh 4.168 petani dan memberikan informasi untuk meningkatkan produksi mereka, praktik-praktik pertanian dan cara hidup, dan mendukung akses mereka ke rantai pasokan internasional.

 “Inisiatif yang memakan banyak waktu dan sumber daya tidak hanya mendukung komitmen GAR dalam menjadi produsen kelapa sawit terdepan dan berkelanjutan, namun juga memperbaiki penghasilan, standar hidup dan jejak lingkungan petani swadaya,” ungkap Direktur Eksekutif PT Koltiva, Ainu Rofiq. q T2

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit