infosawit

MENJAGA KESEIMBANGAN ALAM, CIPTAKAN KEBUN SAWIT KIAN LESTARI



MENJAGA KESEIMBANGAN ALAM, CIPTAKAN KEBUN SAWIT KIAN LESTARI

Membangun bisnis industri perkebunan kelapa sawit, tidak melulu hanya berorientasi kepada keuntungan semata. Perilaku membangun perkebunan kelapa sawit yang ramah lingkungan juga menjadi tujuan utama dari perusahaan perkebunan agar mendapatkan kehidupan usaha yang harmonis bersama lingkungan dan sosial sekitarnya.

Pembangunan perkebunan kelapa sawit yang kian masif terjadi di Indonesia tidak semata hanya berorientasi kepada besarnya keuntungan yang didapat. Banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit yang sudah menyadari pentingnya keberadaan lingkungan dan sosial di sekitar perkebunan kelapa sawit mereka beroperasi.

Tentunya kesadaran akan pentingnya kerjasama dengan multi pihak sudah menjadi acuan dalam mengembangkan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Seperti penelusuran redaksi InfoSAWIT yang baru-baru ini dilakukan di anak usaha Kencana Agri Ltd.  Adalah PT Sawindo Kencana (SWK) yang beroperasi sejak tahun 1996 di Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka dan Belitung.

Keberadaan perusahaan yang dirintis sejak awal oleh keluarga Maknawi ini, tidak asal membangun tetapi selalu dijaga kondisi lingkungan alamnya sehingga kebun sawitnya tetap asri. Ini membuktikan bahwa dalam menjalankan roda bisnisnya, Kencana Agri Ltd tercatat patuh pada regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Padahal sebelumnya kondisi lingkungan alam di Kecamatan Tempilang mulai nampak rusak akibat maraknya ilegal loging dan penambangan timah liar oleh mereka yang tidak mau peduli terhadap lingkungan. Pada masa inilah perusahaan perkebunan kelapa sawit mulai beroperasi paska mendapatkan izin dari pemerintah, wajar bilamana dalam pengembangannya kerap mendapat kendala dari pihak-pih . . . .

 


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit