infosawit

6 Tuntutan Forum Petani Kelapa Sawit Kabupaten Paser



6 Tuntutan Forum Petani Kelapa Sawit Kabupaten Paser

InfoSAWIT, TANA PASER – Menyusul adanya penurunan harga Tandan Buah  Segar (TBS) sawit paska lebaran, telah memunculkan beragam protes dari petani kelapa sawit, salah satunya dari petani sawit yang tergabung dalam Forum Petani Kelapa Sawit Kabupaten Kabupaten Paser.

Dalam informasi yang diterima InfoSAWIT belum lama ini, petani sawit di Paser dalam mencari solusi rendahnya harga TBS sawit diwiayah tersebut telah menemui pimpinan daerah dan dari pertemuan itu ada 6 tuntutan yang disampaikan petani, pertama, mendorong Pemkab Paser untuk berkirim surat ke seluruh Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mesti menerima buah sawit petani dengan dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Kedua, meminta kepada Pemkab Paser untuk memberikan peringatan atau sanksi kepada pabrik yang beroperasi di wilayah tersebut yang tidak mau membeli buah sawit dari petani.

Ketiga, mendesak Pemkab Paser untuk dengan cepat membuat peraturan tataniaga sawit, keempat, menertibkan semua kontrak suplai TBS yang ada di pabrik yang berlokasi di Kabupaten Paser.

Kelima, menertibkan loading ramp yang beroperasi di Kabupaten Paser dan Keenam, Pemkab mesti memfasilitasi semua koperasi/kelembagaan petani sawit untuk membuat dan mendapatkan kontrak suplai TBS dengan PKS yang beroperasi di Kabupaten Paser.

Masih dari informasi yang didapat InfoSAWIT, surat tuntutan ini juga ditembuskan ke Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Timur, DPRD Kabupaten Paser, Ketua Komisi I DPRD Paser , tim penentuan harga dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Paser. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit