infosawit

Bauran Biodiesel Sawit Rencana Ditingkatkan Jadi 30%



Bauran Biodiesel Sawit Rencana Ditingkatkan Jadi 30%

InfoSAWIT, JAKARTA – Pada Jumat (6 Juli 2018), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) mengadakan  rapat koordinasi (Rakor) sektor kelapa sawit, membahas tentang peningkatan target penyerapan biodiesel.

Dikatakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang menghadiri rakor mengungkapkan campuran biodiesel  ke minyak solar akanditingkatkan menjadi 30% (B3), Dimana selama ini campuran biodiesel masih mencapai 20% (B20), termasuk menggunakannya untuk PT KAI.

Lebih lanjut kata Jonan, pihaknya mendukung pencampuran FAME (Biodiesel) ke minyak solar, apalagi selama ini mandatorinya baru untuk Public Service Obligation (PSO), dan penggunaan biodiesel ini akan di perluas juga ke penggunaan bahan bakar non PSO.

Sebab itu Jonan meminta, Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) untuk siap memproduksi biodiesel hingga B30. Aprobi bersama Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan juga diminta membahas lebih lanjut mengenai rencana penggunaan B30.

Saat ini penggunaan B20 juga sedang di uji cobakan untuk transportasi Kereta Api (KA). Kemampuan mesin KA juga dibicarakan apakah mampu menyerap biodiesel B30. Jonan mengusulkan uji coba tersebut tidak harus meminta persetujuan perusahaan pembuat lokomotif yakni GE dan EMD. “Cara ini bertujuan untuk mengurangi polusi kendaraan bermotor, dan komitmen pemerintah dalam mengurangi polusi,” tandas Jonan. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit