infosawit

UNDP Dukung Pemberdayaan Petani Sawit Swadaya



UNDP Dukung Pemberdayaan Petani Sawit Swadaya

InfoSAWIT, JAKARTA -  Upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas kebun sawit petanijuga mendapatkan dukungan dari organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Melalui United Nations Development Programme (UNDP), yang berkantor pusat di Panama terdapat  Good Growth Green Comodity Project untuk membantu meningkatkan pemberdayaan dan produktivitas petani kelapa sawit.

Managing Director, Good Growth Green Comodity, UNDP, Pascale Bonzom, menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan dalam melakukan pemberdayaan petani kelapa sawit di Indonesia. Menurut Pascale, pendanaan program ini,  sebesar US$ 6 juta sampai US$ 9 juta, telah disiapkan untuk memastikan para pemangku kepentingan kelapa sawit, dibantu UNDP, mengembangkan kemampuan petani menghasilkan minyak sawit lestari. 

 “Kami telah berhasil membantu petani swadaya kelapa sawit, mendapatkan sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO), beberapa waktu lalu di Provinsi Riau, “katanya kepada InfoSAWIT. Menurutnya, kemampuan petani swadaya dalam melakukan budidaya kelapa sawit, butuh banyak bantuan dari banyak pihakuntuk meningkatkan kemampuan praktek budidaya terbaik dan berkelanjutan.

 Keterlibatan PBB melalui UNDP, menurutnya, juga bagian dari tugas besarnya, untuk memastikan kesejahteraan hidup bagi petani swadaya. “Kami membantu masyarakat, terutama petani swadaya kelapa sawit, yang masih membutuhkan banyak bantuan dan pendampingan, supaya lebih mengembangkan produk berkelanjutan di pasar global, “ tandas Pascale. (T1)

Artikel ini pernah terbit di Majalah InfoSAWIT edisi Mei 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit