infosawit

Kampanye Minyak Sawit Berkelanjutan Lewat Kompetisi Video



Kampanye Minyak Sawit Berkelanjutan Lewat Kompetisi Video

InfoSAWIT, JAKARTA - Lembaga nirlaba multistakeholder, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan WWF Indonesia belum lama ini meluncurkan sebuah kompetisi bertajuk Young Videomaker of “Responsible Consumption” sebagai bagian dari program Youth Leader in Sustainability melalui tagar kampanye #Beliyangbaik.

Kompetisi ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberdayakan generasi muda Indonesia mengenai konsumsi yang bertanggung jawab, minyak sawit berkelanjutan, dan gaya hidup ramah lingkungan yang dilakukan oleh Duta Muda RSPO.

Kompetisi ini juga mendorong para generasi muda untuk menyuarakan gaya hidup konsumen yang berkelanjutan, khususnya dalam memilih produk-produk dengan eco-label yang ramah lingkungan dan ramah bagi masyarakat luas melalui video kreatif.

Teramasuk dalam upaya mendukung penerapan eco-label guna membantu para konsumen dalam mengenali produk-produk yang aman bagi penggunanya dan berkelanjutan serta ramah lingkungan.

Produk-produk dengan eco-label adalah produk yang berasal dari sumber-sumber yang ramah bagi lingkungan dan masyarakat, serta diproduksi melalui praktik-praktik yang berkelanjutan. Produk-produk tersebut juga termasuk produk yang mengandung bahan minyak sawit yang telah memiliki sertifikat eco-label dari RSPO.

Indonesia sendiri merupakan produsen terbesar minyak sawit berkelanjutan bersertifikat RSPO. Namun, berdasarkan studi RSPO yang dilakukan pada tahun 2015, tingkat kesadaran konsumen Indonesia terhadap minyak sawit berkelanjutan masih terbilang rendah.

RSPO sendiri membantu para pemangku kepentingan di industri kelapa sawit, termasuk para konsumen, untuk bersatu dan meningkatkan rasa tanggung jawab dan bersama-sama menciptakan sebuah pasar di mana minyak sawit berkelanjutan adalah sebuah norma. Hal tersebut dapat dimulai dari aksi generasi muda melalui program Young Leader in Sustainability.

Direktur RSPO Indonesia, Tiur Rumondang menjelaskan, pihaknya percaya bahwa sangat penting bagi generasi muda untuk mulai belajar membentuk nilai, perilaku, dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan.

“Kami percaya bahwa cara yang sangat efektif dalam mendidik generasi muda adalah melalui keterlibatan yang erat di mana pesan-pesan penting dapat disampaikan dan mudah dicerna oleh generasi muda lainnya,” katanya belum lama ini di Jakarta. (T2)

 

Artikel pernah terbit pada majalah InfoSAWIT edisi Mei 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit