infosawit

Kebun Sawit Merubah Wajah Tempilang



Kebun Sawit Merubah Wajah Tempilang

InfoSAWIT, BABEL - Tidak adanya sumber ekonomi seperti industri atau perusahaan, turut menjadikan kawasan tersebut sebagai daerah terpencil dan tertinggal. Lantaran semua hasil bekerja yang dilakukan masyarakat hanya cukup untuk bertahan hidup saja. Sebab itu rencana pemerintah daerah melalui pembangunan perkebunan kelapa sawit yang disosialisasikan kepada masyarakat mendapatkan sambutan yang cukup meriah.

“Ketika pemerintah daerah memberikan informasi mengenai rencana pembangunan perkebunan kelapa sawit, masyarakat merasa senang. Namun keceriaan masyarakat hanya berlangsung sementara. Pasalnya keberadaan informasi yang berkembang luas di masyarakat selalu mengulas mengenai dampak negatif dari perkebunan kelapa sawit,” ujar tokoh masyarakat Tempilang, Haji Imron bercerita kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

“Beda dengan saya, sebelum pemerintah meralisasikan gagasan yang diusungnya, saya sudah mencoba melakukan penanaman pohon kelapa sawit sendiri, menggunakan buah sawit yang saya temukan di jalan. Dan alhamdulillah berhasil”.

Keyakinan pria berusia 58 tahun itu semakin kuat, lantaran perkebunan kelapa sawit milik masyarakat, akan dibangun bekerjasama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit. Sebab dengan adanya perusahaan perkebunan pasti akan dilanjutkan dengan pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

“Kendati masyarakat bisa membangun perkebunan kelapa sawit, namun bila tidak ada perusahaan perkebunan, yang membangun PKS, maka hasil panen juga akan sulit terjual,”paparnya menjelaskan.

Keberadaan PKS itulah, yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan perkebunan kelapa sawit. Lantaran dengan adanya PKS, maka panen Tandan Buah Segar (TBS) yang dihasilkan kebun sawit milik petani, segera bisa diolah menjadi minyak sawit mentah (CPO). Sebab itulah, pembangunan PKS tahun 2001 silam, sangat membantu masyarakat sekitarnya.

Dengan beroperasinya PKS PT Sawindo Kencana, maka hasil panen kebun sawit milik perusahaan dan petani, bisa tersalurkan ke PKS milik perusahaan. Dengan keberadaan PKS ini pula, maka kehidupan ekonomi masyarakat sekitar, secara perlahan mulai meningkat. (T1)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit