infosawit

Pabrik Sawit Sinar Mas Sepenuhnya Traceability to Plantation



Pabrik Sawit Sinar Mas Sepenuhnya Traceability to Plantation

InfoSAWIT, JAKARTA – Sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit besar di dunia, Sinar Mas Agribusiness and Food, sejak 2017 lalu telah memastikan bahwa seluruh produk minyak sawit yang berasal dari perusahaan telah sepenuhnya mampu ditelusuri hingga ke perkebunan kelapa sawit (Traceability to Plantation/TTP).

Dengan demikian bahwa pabrik kelapa sawit milik perushaan yang berjumlah 44 unit telah memenuhi kemamputelusuran sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan pada standar praktik kelapa sawit ramah lingkungan versi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Dikatakan Head of Downstream Sustainability Implementation, Daniel Prakarsa, kemamputelusuran itu mencapai sekitar 39% dari seluruh produk minyak sawit yang dikelola Sinar Mas Agribusiness and Food. Kemamputelusuran itu mencakup 70 pemasok yang membeli buah sawit dari 11 ribu petani swadaya yang mengelola lahan seluas 40 ribu ha.

Sementara, pasokan minyak sawit dari pihak ke tiga akan diterapkan skim ini dan sepenuhnya ditarget mampu memenuhi TTP pada 2020. Tercatat ada sebanyak 427 pabrik kelapa sawit yang memasok ke Sinar Mas Agribusiness and Food.

 “Setelah di 2017 kami menyelesaikan TTP untuk pabrik sendiri, akan dilanjutkan untuk memetakan rantai pasok dari 427 pemasok independen lainnya, sebagai bagian dari perusahaan untuk mencapai kemamputelusuran hingga ke perkebunan pada 2020,” kata Daniel, kepada InfoSAWIT, Selasa (17/7/2018), di Jakarta. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit