infosawit

Realisasi Peremajaan Sawit Rakyat Terancam Molor dari Target



Realisasi Peremajaan Sawit Rakyat Terancam Molor dari Target

InfoSAWIT, MEDAN – Dalam sebuah pemaparan di acara Seminar Internasional Minyak Sawit, di Medan, belum lama ini, menampilkan data realisasi program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang didukung oleh pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit.

Para peserta dari kalangan petani dibuat kaget, lantaran realisasi penyaluran dana Peremajaan Sawit Rakyat dari BPDP-KS dianggap lamban. Misalnya target peremajaan sawit tahun 2017 seluas 20 ribu ha, dan pada 2018 peremajaan sawit rakyat itu targetnya ditambah seluas 185 ribu. Sehingga sampai Maret 2018, target peremajaan sawit rakyat semestinya telah mencapai seluas 205 ribu ha.

Tapi merujuk informasi penyaluran dana oleh BPDP-KS kepada Bank penyalur baru untuk luasan lahan sekitar 9.200 ha atau baru sebanyak 4,5% dari total pendanaan, sementara yang sudah diserap dananya oleh petani hanya mencapai 1.100 ha atau baru mencapai 0,5% dari total dana.

Wakil Sekretaris Jendral DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Rino Afrino, kondisi ini dianggap mengkhawatirkan lantaran waktu terus berjalan, dan saat ini sudah mau memasuki bulan Agustus. “Sehingga demikian hanya tersisa 5 bulan lagi untuk mencapai target tersebut di tahun 2018 ini,” kata Rino kepada  InfoSAWIT, belum lama ini.

Melencengnya target peremajaan sawit rakyat ini, lebih lanjut kata Rino, perlu segera menjadi perhatian pemerintah, bila memungkinkan sekiranya Presiden Jokowi turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tutur Rino, setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan, pertama sebaiknya para pejabat terkait di evaluasi kembali, kedua sistem alur pengajuan program peremajaan sawit rakyat d sederhanakan dan ketiga dibentuk Satgas khusus replanting kelapa sawit yang beranggotakan multi stakeholder (pemerintah, asosiasi pekebun/Apkasindo, asosiasi pengusaha/Gapki, akademisi, lembaga riset dan LSM).

“Kegiatan replanting merupakan kunci sukses menjaga keberlanjutan produksi CPO kebun kelapa sawit rakyat, produksi yang baik tentu mensejahterakan petani dan menyelamatkan petani dari jurang kemiskinan,” tandas Rino. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit