infosawit

Platform T4T Bantu Produsen Sawit Penuhi Prasyarat NDPE



Platform T4T Bantu Produsen Sawit Penuhi Prasyarat NDPE

InfoSAWIT, JAKARTA -  Belum  lama ini lembaga nirlaba The Forest Trust (TFT), meluncurkan sebuah platform baru untuk membantu produsen minyak sawit di Malaysia dan Indonesia dalam memenuhi persyaratan kebijakan Nol Deforestasi, Gambut dan Eksploitasi atau NDPE (No Deforestation, Peat, and Exploitation).

Platform tersebut bernama Tools for Transformation (T4T), yang merupakan hasil kerja bareng antara TFT dengan pemain utama dalam industri kelapa sawit, termasuk Cargill, Fuji Oil, Louis Dreyfus Company, Nestlé dan Wilmar. T4T membantu pabrik dan refineri dalam penerapan praktek-praktek terbaik NDPE yang berkelanjutan, dan mempromosikan kolaborasi yang lebih luas di seluruh rantai pasok. “Kami berkeyakinan bahwa sarana online dapat secara signifikan membantu produsen memenuhi ekspektasi konsumen,” jelas Project Manager TFT Malaysia, Ken Yeong dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Lebih lanjut tutur Yeong, tantangan bagi perusahaan dalam memenuhi tuntutan kebijakan NDPE seringkali adalah rantai pasok yang besar dan kompleks, yang sulit dilakukan secara luas jika hanya ditempuh melalui upaya di lapangan. “Di sinilah teknologi dapat berperan dalam membantu mendorong transformasi yang dibutuhkan," katanya.

Sistem T4T meliputi empat komponen – kuesioner, rencana kerja, analisa dan materi sumber daya rantai pasok – untuk membantu transformasi. Keempat komponen ini akan bekerja sama untuk membantu pabrik dan perkebunan mengidentifikasi, memahami dan meningkatkan praktek kerja mereka secara lebih bertanggungjawab. Sejak tahun 2017, TFT telah melakukan ujicoba kuesioner T4T di lebih dari 70 pabrik dan perkebunan yang berada dalam rantai pasok Cargill, Fuji dan Wilmar. Kuesioner digunakan untuk membentuk rencana kerja peningkatan praktek-prakteknya di lapangan.

Data kuesioner dikumpulkan untuk menghasilkan analisa rantai pasok, yang dapat membantu perusahaan-perusahaan global terkemuka yang menggunakan minyak sawit dalam produknya. Produsen seperti Cargill dan Fuji juga dapat meninjau data pemasok dan rantai pasok mereka. Hasil analisa akan meningkatkan pemahaman tentang hal-hal yang memerlukan investasi sumber daya. Data ini juga memungkinkan mereka memantau kemajuan para pemasok atas komitmen NDPE.

T4T dimulai dengan pengisian kuesioner oleh pemasok (pabrik dan perkebunan). Kuesioner menghasilkan Dashboard yang menilai 15 metrik NDPE terkait aspek lingkungan dan sosial. Data kuesioner bersifat rahasia bagi pemasok yang menyelesaikannya, serta konsumen mereka.

 “Sistem T4T dibuat berdasarkan hal-hal yang telah kami pelajari dari delapan tahun bekerja langsung di lapangan dan perkebunan kelapa sawit. Kalangan perkebunan, pabrik dan refineri mencari cara-cara praktis guna mengambil langkah-langkah penting menuju transformasi. Kami sangat senang sejumlah perusahaan sudah memulai proses ini, dan harapan kami ke depan agar dapat bekerja sama dengan industri kelapa sawit untuk membantu mendorong perubahan yang dibutuhkan,” tandas Chief Executive TFT, Bastien Sachet. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit