infosawit

Jambi Dukung Pasokan Minyak Sawit Lestari



Jambi Dukung Pasokan Minyak Sawit Lestari

InfoSAWIT, JAKARTA - Pasokan minyak sawit lestari yang sudah dihasilkan perkebunan kelapa sawit, berlandaskan prinsip dan kriteria ISPO, secara nyata juga turut mengembangkan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Jambi untuk terus bertumbuh di masa depan. Pasalnya, melalui pertumbuhan perkebunan kelapa sawit yang lestari, secara nyata pula akan mampu menjaga keberlangsungan alam sekitarnya.

Melalui produksi minyak sawit lestari yang dihasilkan Provinsi Jambi tersebut, secara nyata akan mendorong produksi minyak sawit nasional, untuk selalu bertumbuh setiap tahunnya. Lantaran pasokan minyak sawit lestari asal Indonesia, sebagai penopang utama pasokan minyak nabati di pasar internasional.

Permintaan pasar global yang selalu meningkat setiap tahunnya, memang memerlukan suplai minyak nabati seperti minyak sawit yang dihasilkan Indonesia, untuk selalu meningkat pula setiap tahunnya. Peningkatan permintaan konsumsi global tersebut, hanya mampu terpenuhi dari produksi minyak sawit lestari yang selalu bertumbuh setiap tahunnya.

Menurut Direktur Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Dono Boestami, keberadaan perkebunan kelapa sawit nasional yang telah menerapkan ISPO secara mandatori, memiliki peluang besar dalam menyuplai kebutuhan minyak nabati global. Pentingnya peningkatan produksi minyak lestari tersebut, sebagai upaya Indonesia untuk menjaga keberlangsungan lingkungan alam sekitarnya.

Pasalnya, menurut Dono, pertumbuhan permintaan pasar minyak nabati, hanya akan mampu terpenuhi dari produksi minyak sawit terutama minyak sawit asal Indonesia. Bila dipenuhi dari minyak nabati lainnya, seperti minyak soybean atau rapeseed, maka lahan perkebunan yang dibutuhkan, akan sangat besar dan merugikan planet bumi.

“Jika permintaan minyak nabati pasar global dipenuhi dari minyak nabati lainnya, maka tak terbayangkan, luasan lahan perkebunan yang dibutuhkan,”kata Dono menjelaskan, lebih lanjut,”Hanya produk minyak sawit lestari, yang mampu memenuhi kebutuhan pasar minyak nabati global”. (T1)

 

Telah terbit di Majalah InfoSAWIT edisi Mei 218

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit