infosawit

Petani Kelapa Sawit Mitra PTPN XIII Ajukan Empat Tuntutan



Petani Kelapa Sawit Mitra PTPN XIII Ajukan Empat Tuntutan

InfoSAWIT, SANGGAU – Dalam surat pernyataan bersama Forum Komunikasi Koperasi Kelapa Sawit Mitra PTPN XIII, menyatakan sikap menolak surat Dirksi No: 13.07/M-160/VII/2018 tertanggal 12 Juli 2018, penolakan ini dari surat yang diterima InfoSAWIT, belum lama ini, atas dasar adanya pelanggaran terhadap Peraturan Gubernur Kalimantan Barat No. 86 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penetapan Indeks K dan harga pembelian Tandan Buah Segar (TBS)  kelapa sawit produksi pekebun Kalbar. Dimana pembayaran dilakukan minimal satu kali setiap bulan sesuai dengan harga yang telah ditetapkan tim selambat-lambatnya 2 minggu setelah  bulan berjalan.

Forum juga menganggap surat dieksi melanggar Permentan No. 1/permentan/KB.120/I/2018, Bab 1 ayat 3 yang mencatat, kemitraan usaha perkebunan adalah kerjasama yang saling menguntungkan, saling menghargai, saling bertanggungjawab, serta saling memperkuat dan saling ketergantungan antara perusahaan perkebunan dengan pekebun.

Termasuk melanggar, Peraturan Daerah Provinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Barat Nomor 8 tahun 1994 pasal 5 point g yang berbunyi: menampung (membeli, mengolah, menjual) hasil kebun plasama dan kebun swadaya yang teah terikat kemitraan dengan harga yang layak sesuai ketetapan pemerintah.

InfoSAWIT mencatat, dari surat yang diterbitkan Forum Komunikasi Koperasi Kelapa Sawit Mitra PTPN XIII, menuding surat direksi PTPN XIII melanggar beberapa regulasi lainnya, sebab itu pihak petani  mitra mengajukan empat tuntutan diantaraya, pertama,  menuntut adanya pencabutan surat Direksi PTPN XIII tersebut, kedua, menuntut pembayaran harga TBS dan dikenakan bunga uang sesuai dengan kebijakan bunga pinjaman masing-masing koperasi yang telah disepakati dalam RAPBK.

Ketiga, petani mitra juga menuntut aktivitas kebun inti PTPN XIII di seluruh wilayah Sanggau, dan keempat,  meminta kepada instansi terkait untuk melakukan investigasi terhadap kebijakan, kinerja. “Dan mengaudit sistem tata kelola keuangan PTPN XIII Kebun Perindu yang berhubungan dengan petani kelapa sawit,” catat  Forum Komunikasi Koperasi Kelapa Sawit Mitra PTPN XIII. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit