infosawit

Ekspor Sawit Asal Indonesia ke India dan Eropa Melorot



Ekspor Sawit Asal Indonesia ke India dan Eropa Melorot

InfoSAWIT, JAKARTA – Merujuk catatan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), selama semester I 2018, kinerja ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya asal Indonesia ke negara tujuan utama kurang menggembirakan terutama di pasar India.

Ekspor semester pertama ke India mengalami kemerosotan yang cukup signifikan yaitu sebesar 34% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yaitu dari 3,74 juta ton pada semester pertama 2017 turun menjadi 2.50 juta ton pada periode yang sama tahun ini. “Tergerusnya pasar India terutama disebabkan tingginya bea masuk yang diterapkan India untuk minyak sawit dengan alasan untuk melindungi industri refinery di dalam negeri,” tutur Direktur Eksekutif  GAPKI, Mukti Sardjono, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (27/7/2018).

Isu deforestasi dan juga kebijakan phase out/penghapusan biofuel berbasis pangan oleh Parlemen Eropa sedikit banyak mempengaruhi pasar minyak sawit Indonesia di Uni Eropa. Semester pertama tahun ini Uni Eropa membukukan penurunan volume impor CPO dan produk turunannya dari Indonesia sebesar 12% atau dari 2,71 juta ton semester I 2017 turun menjadi 2,39 juta ton pada periode yang sama tahun 2018.  Penurunan kinerja impor untuk periode yang sama juga dibukukan negara Afrika sebesar 10%. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit