infosawit

FORTASBI Bentuk Sekolah Petani Untuk Minyak Sawit Berkelanjutan



FORTASBI Bentuk Sekolah Petani Untuk Minyak Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, JAKARTA – Penerapan praktik kelapa sawit berkelanjutan hingga saat ini tidak hanya didominasi perusahaan perkebunan kelapa sawit besar, lantaran faktanya petani sawit swadaya pun demikian.

Maka itu semenjak Agustus 2014 lalu di Jambi telah hadir Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FORTASBI), merupakan forum yang anggotanya adalah petani-petani kelapa sawit swadaya yang telah menerima sertifikat RSPO, ISPO dan ISCC seperti petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi Swadaya Amanah, GAPOKTAN Tanjung Sehati, Forum Petani Swadaya – Merlung Rendah Mendaluh, KUD Teratai Biru SUMSEL, KUD Tuhu Asih, KUD Marga Makmur dan lainnya.

Dari Informasi yang didapat InfoSAWIT, FORTASBI ini didukung oleh beberapa lembaga nirlaba, yakni WWF Indonesia, Yayasan Setara Jambi, Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Yayasan Inovasi Bumi (INOBU) dan Sawit Watch.

Sekolah Petani adalah sekolah yang digagas oleh FORTASBI untuk mendukung petani-petani swadaya di Indonesia guna mengimpelemntasikan minyak sawit berkelanjutan.

Dikatakan Direktur Yayasan Setara Jambi, Rukaiyah Rafiq, sekolah ini akan berkerja sama dengan semua pihak, baik pemerintah dalam menerapkan dan mempercepat ISPO, perusahaan dan pabrik kelapa sawit yang saat ini mendukung sertifikasi seluruh suplly base termasuk petani swadaya, “Serta pihak-pihak lainnya termasuk pasar, untuk mempercepat dukungan terhadap minyak sawit berkelanjutan,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini  di Jakarta.

Sementara dikatakan ketua FORTASBI, Narno, hingga saat ini banyak petani sawit swadaya yang tidak mendapatkan akses informasi mengenai sertifikasi Minyak sawit berkelanjutan, baik untuk skema RSPO, ISPO dan bahkan ISCC.

Untuk itu, tutur Narno, sekolah ini hadir untuk memberikan peluang bagi petani-petani swadaya diIndonesia, agar standar minyak sawit berkelanjutan menjadi norma dan budaya petani-petani swadaya di Indonesia. “Kami ingin membagi pengetahuan yang ada pada kami, untuk petani swadaya di Indonesia,” tandas Narno. (T2)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit