infosawit

Harga Buah Sawit Petani Butuh Solusi Tuntas



Para Jurnalis Sawit
Harga Buah Sawit Petani Butuh Solusi Tuntas

InfoSAWIT, JAKARTA -  Hingga saat ini petani sawit swadaya ditengarai menghadapi berbagai tantangan yang perlu dicarikan jalan keluar secepatnya. Salah satu tantangan tersebut salah satunya  ialah harga beli Tandan Buah  Segar (TBS) sawit yang diterima petani sawit swadaya lebih rendah dan petani sawit swadaya  masih kesulitan memperoleh sertifikat.

Dikatakan, Wasekjen Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Rino Afrino, dalam diskusi Forum Jurnalis Sawit (FJS), belum lama ini di Jakarta, anjloknya harga jual  TBS perlu menjadi perhatian pemerintah. Lantaran harga sawit swadaya selalu lebih rendah meskipun ada penetapan harga TBS sawit oleh pemerintah. Saat ini harga TBS di tingkat petani  cenderung rendah khususnya yang diterima petani sawit swadaya. Di daerah sentra sawit, harga TBS sawit di level petani swadaya berkisar Rp 800-Rp 900 per kilogram.

Berdasarkan catatan Apkasindo di sejumlah sentra produsen sawit, seperti di Kalimantan, harga TBS petani swadaya yang tidak bermitra dengan perusahaan berada di kisaran Rp 800 - Rp 1.100 per kilogram (kg). Sementara harga TBS di petani plasma yang bermitra dengan perusahaan lebih mahal di kisaran Rp 1.500 per kg."Yang terjadi di lapangan pembelian TBS di petani swadaya bisa lebih murah daripada di petani plasma yang menjadi mitra perusahaan," ujar dia dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit