infosawit

Mulai September Minyak Solar PSO dan Non PSO di Campur Biodiesel Sawit



Mulai September Minyak Solar PSO dan Non PSO di Campur Biodiesel Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memutuskan bahwa per September 2018, semua jenis Solar akan dicampur dengan 20% minyak sawit.

Dikatakan, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana, penerapan pencampuran 20% biodiesel sawit dengan Solar (B20) berlaku untuk semua minyak Solar subsidi dan non-subsidi yang dijual di Indonesia.

Guna penerapan kebijakan ini, pihak Kementerian ESDM sedang menyusun Peraturan Presiden (Perpres), harapannya payung hukum ini bisa segera terbit sehingga awal September bisa dilakukan pencampuran seluruh minyak solar dengan minyak sawit dengan merek dagang Biosolar.

Lantas, kabarnya  dalam penerapan B20 nantinya pemerintah akan menunjuk badan usaha yang melakukan penyaluran solar untuk melakukan pencampuran. Rida mengancam, bila tidak dilaksanakan, maka akan ada sanksi berupa pengenan denda sebesar Rp 6 ribu per liter atas solar yang dijual tanpa dicampur sebanyak 20% minyak sawit. “Akan terkena denda  Rp 6.000 per liter. Nanti bahwa perusahaan bisa dikasih lagi atau nggak (izin) itu di Dirjen Migas, pasti akan ada evaluasi kinerjanya," tandas Rida dikutip InfoSAWIT dari Liputan6. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit