infosawit

Solusi Sawit Adalah Kerjasama, Bukan Saling Bertahan Masing-masing



Solusi Sawit Adalah Kerjasama, Bukan Saling Bertahan Masing-masing

InfoSAWIT, BALI – Dikatakan Menteri Koordintaor Bidang Perekonomian (Menko), Darmin Nasution, kelapa sawit itu adalah komoditas penting yang dimiliki Indonesia saat ini. Sebab itu pemerintah sangat memperhatikan agar industri tersebut bisa terus berjalan dengan baik, sebab menyangkut hidup masyarakat yang jumlahnya jutaan. Baik di perkebunan rakyat, perkebunan besar, maupun di perushaaan milik BUMN.

Dengan adanya acara yang mempertemukan antara pekebun, aktivis, pemilik kebun kelapa sawit, bersama-sama dengan environmentalist, serta para pakar, yang mungkin mendukung ataupun mungkin agak kritis kepada kelapa sawit, menghadirkan dialog dan diskusi yang bisa membawa kesepahaman diseluruh stakeholder kelapa sawit. “Pada akhirnya, solusi itu kerjasama, bukan saling bertahan di posisi masing-masing. Saya kira itu yang paling penting,” kata Darmin kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Bali.

Lebih lanjut kata Darmin, sudah saatnya pula masyarakat dunia tidak lagi mengkambinghitamkan kelapa sawit, sebab tindakan itu tidak benar. Untuk mengembangkan kelapa sawit kebanyakan  menggunakan lahan yang sudah ditebang sejak 30-60 tahun yang lalu. “Kalau tidak ditanami kelapa sawit, hancur tanahnya, akan menjadi tidak bisa ditanami apa-apa” tutur Darmin. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit