infosawit

Sawit Sumsel Terus Tumbuh



Sawit Sumsel Terus Tumbuh

InfoSAWIT, SUMSEL - Upaya peningkatan kapasitas petani dan pengelolaan budidaya kelapa sawit yang lebih baik dan ramah lingkungan, wajar dilakukan Pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel), lantaran lahan sawit di wilayah itu terus tumbuh dengan cepat.

Misalnya di tahun 2013, lahan perkebunan kelapa sawit di Sumsel telah seluas 711.951 ha, dimana lahan yang dikelola perkebunan besar mencapai 454.592 ha, sementara perkebunan yang dikelola masyarakat seluas 257.359 ha.

Dengan demikian perkebunan sawit milik rakyat di Sumsel telah mencapai sekitar 43,3% dari total lahan perkebuan kelapa sawit di Sumsel. Kondisi ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya (2012).

Lantaran sawit dianggap memberikan penghasilan ekonomi yang lebih baik, wajar bilamana pertumbuhan perkebunan kelapa sawit yang dikelola petani berkembang lebih pesat.

Merujuk catatan Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel, seluruh kabupaten di Sumsel telah dibangun perkebunan kelapa sawit dimana terluas berlokasi di Kabupaten Musibanyuasin, disusul Kabupaten Musirawas dan Ogan Komering Ilir.

Jelas, begitu luasnya perkebunan kelapa sawit di Sumsel, mendorong pemerintah Sumsel bersiap melakukan perbaikan tata kelola sumberdaya alam, yang diawali dari sektor komoditas kelapa sawit.

Lantaran komoditas ini dianggap paling siap dalam menerapkan budidaya kelapa sawit berkelanjutan, apalagi pemerintah Indonesia juga telah menetapkan kebijakan budidaya berkelanjutan yang terangkum dalam skim Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).  

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengakui, perlindungan lingkungan perlu segera dilakukan, sehingga kerusakan lingkungan bisa dicegah sedini mungkin. Dengan komitmen penerapan sertifikasi yurisdikai, Pemerintah Sumsel telah menujukkan komitmen lingkungan tinggi yang nampaknya bakal diterapkan tanpa perlu basa basi. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit