infosawit

BGA Group & Orangutan Foundation Lakukan Reboisasi di Suaka Margasatwa Lamandau



BGA Group & Orangutan Foundation Lakukan Reboisasi di Suaka Margasatwa Lamandau

InfoSAWIT, JAKARTA – Musim kemarau kali ini kembali menimbulkan kebakaran hutan dan lahan, akibatnya banyak wilayah ekosistem tempat tinggal satwa dilindungi terkena dampaknya. Menyusul upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang sedang giat dilakukan pemerintah.

Guna berpartisipasi dalam upaya penyelamatan ekosistem habitat dilindungi, salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional, Bumitama Gunajaya Agro Group (BGA), lewat anak usahanya, PT Bumitama Gunajaya Abadi bersama SDS dan SMPS  Bumitama , bekerjasama dengan Orangutan Foundation melakukan kegiatan reboisasi eks lahan terbakar di Suaka Margasatwa Lamandau di Kotawaringin Barat, sekaligus memperingati hari Orangutan Internasional dan Hari Konservasi Alam Nasional 2018.

Dikatakan Rudyaksa, dari divisi CSR PT. Bumitama Gunajaya Abadi, tujuan kegiatan yang di laksanakan adalah merupakan bentuk kepedulian PT. Bumitama Gunajaya Abadi terhadap pelestarian lingkungan. “Sekaligus sebagai upaya menciptakan kader - kader cinta lingkungan dengan melibatkan anak-anak dari SDS dan SMPS Bumitama,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Sementara dituturkan Manager Orangutan Foundation, Imannudin, kegiatan  pelestarian lingkungan ini untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang lebih parah, sehingga ekosistim termasuk didalamnya ada floura dan fauna, akan tetap terjaga dengan baik.

Kesadaran terhadap lingkungan menjadi penting bagi masyarakat, utamnya generasi muda, sehingga lingkungan bisa tetap lestari dan terjaga dengan baik. Maka itu dalam kegiatan ini melibatkan SDS dan SMPS Bumitama, terlebih SDS Bumitama di Metro Manggau saat ini merupakan sekolah yang mendapat predikat sekolah berwawasan lingkungan (Adiwiyata) tingkat propinsi dan dalam taraf menuju sekolah Adiwiyata tingkat nasional.

Dengan demikian prinsip dan kecintaan keluarga sekolah terhadap lingkungan sudah menjadi roh dalam kehidupan keluarga sekolah, sehingga pembentukan kader-kader cinta lingkungan di sekolah akan terus di lakukan dengan harapan suatu saat siswa atau siswi SDS Bumitama kembali ke masyarakat akan dapat menyuarakan dan menjadi penggerak di masyarakat untuk peduli dan cinta terhadap pelestarian lingkungan yang ada di sekitar mereka.

Kegiatan yang di laksanakan ini bukan hanya berdampak positif terhadap lingkungan, akan tetapi juga berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Bibit tanaman buah - buahan endemic hutan ini merupakan usaha nursery dari masyarakat binaan CSR PT. Bumitama Gunajaya Abadi yang berada di Desa Sakabulin. Dengan demikian akan selalu bersinergi antara program-program yang di jalankan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum dan lingkungan. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit