infosawit

Sawit Jadi Energi Masa Depan



Sawit Jadi Energi Masa Depan

InfoSAWIT, BELITUNG - Energi masa depan dunia bergantung kepada minyak sawit. Lantaran, minyak sawit memiliki potensi besar untuk terus digunakan sebagai minyak makanan dan non makanan.

Guna meningkatkan produktivitas itulah, maka  pelaku perkebunan kelapa sawit, harus melakukan praktek budidaya terbaik dan berkelanjutan.

Menurut Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Togar Sitanggang, keberadaan Indonesia sebagai produsen terbesar minyak sawit mentah (CPO) dunia, memiliki potensi besar untuk bisa mengembangkan industri turunannya. Sebab, melalui tumbuhnya industri hilir sawit, maka pasokan CPO akan dapat terjaga dan selalu menguntungkan.

Seperti penggunaan biodiesel sebanyak 20% yang dicampur dengan minyak solar (B20), faktanya kebijakan mandatori penggunaan minyak sawit (FAME) yang dicampur dengan minyak solar  dapat ditingkatkan hingga 100%, sehingga sepenuhnya menggunakan  biodiesel sawit.

Kondisi demikian menurut Togar, bisa mendongkrak pertumbuhan pasar minyak sawit domestik Indonesia. Jika saja pasar domestik dapat  bertumbuh permintaannya, maka ketergantungan terhadap pasar ekspor dapat ditekan. "Sawit banyak memiliki keunggulan sebagai produk terbarukan dan ramah lingkungan," kata Togar, dalam pemaparannya pada acara Lokakarya Wartawan Ekonomi & Pertanian yang diadakan GAPKI Pusat dan BPDP di Belitung, yang dihadiri InfoSAWIT, Kamis (23/8/2018). (T1)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit