infosawit

Lahan 535 ha Milik Warga Laman Satong Sepakat Untuk Areal Konservasi



Lahan 535 ha Milik Warga Laman Satong Sepakat Untuk Areal Konservasi

InfoSAWIT, KETAPANG – Masyarakat adat di Dusun Manjau, Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, sepakat melakukan pelepasan lahan seluas 535 ha, sebagai areal konservasi kepada salah satu perusahaan perkebunan nasional, PT Kayung Agro Lestari (KAL).

Kesepakatan tersebut dilakukan langsung oleh tokoh masyarakata Adat Dayak Dusun Manjau, Timotius Perikan dan Direktur PT KAL, Naga Waskita pada Kamis (23/8/2018) lalu di Ketapang. “Kami sangat mengapresiasi komitmen PT KAL dalam pelestarian lingkungan melalui hutan konservasi, dimana lahan ini tercakup didalamnya,” tutur Kepala Desa Laman Satong, Viktor Sriyanto, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (24/8/2018).

Lebih lanjut tutur Viktor, pihaknya sangat mengapresiasi atas tanggapan dan positif dari PT KAL sebagai tindak lanjut hasil pertemuan Dewan Adat Dusun Manjau yang sebelumnya telah sepakat untuk melepaskan status lahan adat menjadi areal konservasi PT KAL.

Sementara dikatakan, Direktur PT  KAL, Naga Waskita, kesepakatan ini bukan sekadar menandai pelepasan lahan oleh masyarakat, namun pula sebagai bukti dari komitmen dan dukungan masyarakat dan perusahaan terhadap konservasi. “Areal yang dilepaskan oleh masyarakat Dusun Manjau merupakan bagian dari kawasan melepas status lahan adat yang telah ditetapkan melalui surat Keputusan Gubernur Kalimantan Barat No. 718/DISHUT/2017,” katanya. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit