infosawit

Cara Kemendag Perbaiki Defisit Neraca Perdagangan



Cara Kemendag Perbaiki Defisit Neraca Perdagangan

InfoSAWIT, JAKARTA – Kementerian Perdagangan RI (Kemendag) mempersiapkan berbagai langkah untuk menyikapi defisit neraca perdagangan. Langkah-langkah tersebut akan ditempuh dengan menggalakkan ekspor ke negara-negara nontradisional dan mengurangi hambatan akses pasar di negara-negara tujuan ekspor. 

Di bidang impor, Kemendag tengah melakukan langkah-langkah pengendalian impor barang konsumsi. Kemendag juga bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan untuk membahas rencana pengenaan pajak penghasilan (PPh) terhadap barang impor yang sudah ada substitusinya di dalam negeri.Tingginya permintaan impor yang naik lebih besar daripada kenaikan ekspor mengakibatkan neraca perdagangan bulan Juli 2018 mengalami defisit sebesar US$ 2,03 miliar.

Dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT,  defisit tersebut bersumber dari defisit perdagangan migas sebesar US$ 1,19 miliar dan defisit perdagangan nonmigas sebesar US$ 842,2 juta. “Tingginya defisit perdagangan bulan Juli 2018 membuat defisit neraca perdagangan selama Januari–Juli 2018 mencapai US$ 3,09 miliar,” catat Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit