infosawit

Volume Ekspor Minyak Sawit Indonesia Periode Juli Naik 27%



Volume Ekspor Minyak Sawit Indonesia Periode Juli Naik 27%

InfoSAWIT, JAKARTA - Dari informasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), sepanjang Juli 2018, volume ekspor minyak sawit Indonesia (CPO, PKO dan turunannya), oleokimia dan biodiesel mencatat rekor tertinggi mencapai 3,22 juta ton atau naik 27% dibandingkan dengan ekspor Juli 2017 sebesar 2,54 juta ton. “Khusus untuk minyak sawit (CPO, PKO dan turunannya) juga merupakan volume ekspor tertinggi sepanjang tahun 2018,” catat Direktur Eksekutif GAPKI, Mukti Sardjono dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (28/8/2018).

Lebih lanjut tutur Mukti, faktor pendorong utama menggeliatnya pasar minyak sawit Indonesia adalah harga minyak sawit yang sedang murah, India yang kembali membeli minyak sawit sebagai akibat dari regulasi baru yang menaikkan bea masuk untuk impor minyak nabati lainnya termasuk kedelai, bunga matahari dan rapeseed, serta China yang mulai tertarik dengan biodiesel Indonesia.

Sementara itu secara year on year, capaian kinerja ekspor minyak sawit Indonesia dan industri hilirnya (biodiesel dan oleokimia) hanya mampu naik 2% sampai pada Juli 2018 ini dibandingkan periode tahun lalu. Volume ekspor Januari – Juli 2017 mencapai 18,15 juta ton, pada periode yang sama 2018 naik menjadi 18,52 juta ton. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit