infosawit

Sawit Berperan Tunjang Ekonomi Negara



Sawit Berperan Tunjang Ekonomi Negara

InfoSAWIT, JAKARTA - Bagi pelaku sawit persaingan dagang minyak nabati di dunia kian semakin ketat, selain dibumbui dengan perang dagang yang memunculkan sejumlah kendala dagang (barrier), juga disemai dengan isu negatif yang terkadang memojokkan dan membuat citra komoditas minyak nabati buruk di mata konsumen dunia.

Seperti yang saat ini dialami industri kelapa sawit asal Indonesia. Minyak sawit asal Indonesia dituding diproduksi dengan cara yang kurang ramah lingkungan, padahal faktanya tidak demikian, lantaran komitmen menerapkan budidaya sawit ramah lingkungan telah muncul hampir satu dasawarsa silam.

Bahkan menurut penilaian Mukti Sardjono yang saat ini menduduki kursi Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), industri kelapa sawit Indonesia saat ini telah menjadi komoditi penting bagi perekonomian Indonesia.

Selain sebagai penghasil devisa ekspor terbesar mencapai US$ 23 miliar, juga sebagai salah satu industri dengan tingkat penyerapan tenaga kerja tinggi, mendorong berkembangnya suatu wilayah, menjadi salah stau komoditas yang mampu menjadi cara dalam menekan angka kemiskinan serta mendukung pelestarian fungsi lingkungan hidup.

“Hanya saja yang perlu diperhatikan ialah bagaimana industri kelapa sawit di Indonesia dapat terus berperan dalam menunjang perekonomian negara dengan tetap mengikuti aturan main yang telah ditetapkan pemerintah,” katanya kepada InfoSAWIT lewat layanan Whatsapp, belum lama ini. (T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT Edisi Juli 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit