infosawit

Mestikah Perkebunan Kelapa Sawit Terapkan Mekanisasi



Mestikah Perkebunan Kelapa Sawit Terapkan Mekanisasi

InfoSAWIT, JAKARTA - Mekanisasi tidak dapat dielakkan pada dekade saat ini, terlebih pola budidaya mekanisasi hampir telah menjadi pusat perhatian utamanya untuk di sektor pertanian secara keseluruhan. 

Biaya tenaga kerja yang terus meningkat dan kebutuhan peningkatan produktivitas agar pekebun tetap kompetitif menjadi beberapa faktor penggunaan pola mekanisasi. 

Sementara di Indonesia, kekurangan tenaga kerja menjadi salah satu hambatan besar dan ini diperburuk dengan tingginya pergantian tenaga pekerja, sehingga perekrutan tenaga kerja menjadi cukup mahal dan berulang oleh pemilik kebun.

Produktivitas pun dapat menjadi kutukan dalam sebagian besar contoh dan tingkat pendapatan pekerja memiliki pengaruh yang membuat bekerja di perkebunan tidak menarik bagi mereka yang harus melakukan perjalanan jauh dan berlokasi dipelosok hanya untuk mencari nafkah di perkebunan kelapa sawit.

Para pekerja secara berangsur-angsur beralih ke pekerjaan yang lokasinya di perkotaan seiring pesatnya pertumbuhan ekonomi negara. Sebab itu penting bagi Pekebun untuk melakukan kegiatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki lahan: rasio manusia dengan mekanisasi yang juga akan memberikan potensi penghasilan yang lebih baik bagi pekerja.

Pengambilan buah sawit dengan mini traktor dan aplikasi pupuk dengan traktor menggunakan spreader saja akan memiliki dampak signifikan terhadap produktivitas, yang paling mudah dikerjakan secara mekanis. Pemuatan buah sawit dengan derek bisa menjadi pengganti cara pemuatan yang masih tradisional, terlebih pemuatan buah sawit akan semakin sulit lantaran ukuran tandan buah segar yang akan terus meningkat setiap tahun.

Untuk memenuhi pola mekanisasi di perkebunan kelapa sawit, maka lahan dan jalan harus dipersiapkan. (Vijaya K Menon/VKR Menon Resources)

 

Terbit pada majalah InfoSAWIT edisi Juli 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit