infosawit

Petani Kelapa Sawit Bakal Deklarasikan Aspek-PIR Indonesia



Petani Kelapa Sawit Bakal Deklarasikan Aspek-PIR Indonesia

InfoSAWIT, JAKARTA – Penguatan kelembagaan menjadi salah satu upaya dalam upaya memperkuat posisi petani kelapa sawit nasional. Selain sebagai wadah kumpul bersama untuk peningkatakan kapasitas dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit, pula sebagai sarana kegiatan administrasi pengelolaan perkebunan kelapa sawit sesuai Good Agriculture Practices (GAP).

Sebab itu petani yang sebelumnya sudah berkumpul dalam wadah Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR-Trans (Aspek-PIR), kini akan memperkuat diri menjadi asosiasi yang memiliki ruang lingkup wilayah di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Aspek-PIR dikenal hanya meliputi petani sawit yang ada di Provinsi Riau, namun melihat terus berkembangnya petani sawit di Indonesia, maka Aspek-PIR pun berencana membentuk cabang-cabang di seluruh Indonesia.

Dikatakan Ketua Umum Aspek-PIR Indonesia, Setiono, keanggotan Aspek-PIR teradministrasi dengan baik, bahkan untuk wilayah Riau dipastikan petani dibawah keanggotaan Aspek-PIR meliputi lahan seluas 600 ribu ha. Dengan wilayah keanggotaan secara nasional, tutur setiono, Aspek-PIR akan mendukung penguatan kelembagaan petani kelapa sawit nasional.

Asosiasi ini rencananya akan dideklarasikan bersamaan dengan acara Konferensi & Expo Kemitraan Petani Kelapa Sawit, dengan tema “Karena Sawit Kami Berubah,” kegiatan ini bakal diselenggarakan pada 19-20 September 2018 bertempat di Hotel Pangeran, Riau. “Harapannya dengan acara seminar dan deklarasi ini akan memperkuat kelembagaan petani kelapa sawit,” katanya kepada InfoSAWIT, Jumat (7/9/2018) di Jakarta.

Selepas deklarasi Aspek-PIR Indonesia bakal meresmikan cabang-cabangnya di seluruh Indonesia, untuk sementar ada cabang yang segera dibentuk yakni Jambi dan Sumatera Selatan.

Lantas dalam acara seminar ini  juga bakal membuka masalah dan mencari solusi bagi pelaksanaan program peremajaan sawit rakyat (PSR) yang sudah berjalan semenjak akhir 2017 lalu. “Apalagi luas lahan anggota kami sebanyak 512 ribu ha sudah siap untuk di replanting,” tandas Setiono. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit