infosawit

Tiga Tujuan Utama Dibentuknya Desa Siaga Api



Tiga Tujuan Utama Dibentuknya Desa Siaga Api

InfoSAWIT, KALBAR -CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat (Kalbar), Susanto Yang mengatakan, ada tiga tujuan pembentukan Desa Siaga Api. Pertama, mengajak masyarakat secara partisipatif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sekaligus sebagai upaya penyadaran masyarakat dari dampak kebakaran lahan dan mengubah perilaku masyarakat.

Lantas kedua, membentuk satuan tugas di setiap desa di sekitar perusahaan, dengan jumlah anggota sebanyak 15 orang untuk setiap desa untuk memantau terjadinya kebakaran lahan. Di Kalimantan Barat, salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit,  PT SMART, telah membentuk 8 Desa Siaga Api, dengan mendapatkan pelatihan dari Manggala Agni dan Rindam, supaya siap dalam menghadapi kebakaran dan pemahaman kebakaran.

Ketiga, membentuk tim participatory mapping yang difasilitasi oleh perusahaan dengan melibatkan masyarakat untuk mendukung program pemetaan batas-batas desa,sehingga nantinya bisa dipetakan, mana areal sawit perusahaan, areal sawit masyarakat, dan kebun karet. Pemetaan ini juga untuk mengetahui resiko-resiko kebakaran. “Kami juga memberikan bantuan kelengkapan sarana dan prasarana kebakaran, termasuk membangun embung disetiap titik potensi kebakaran, sehingga air cukup untuk pembasahan lahan, serta membangun kanal blok,” kata Susanto kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Yang terpenting dari program ini, pihak perusahaan pun memberikan reward/insentif, berupa bantuan infrastruktur bagi desa yang berhasil mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT edisi Februari 2016

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit