infosawit

Desa Siaga Api Bantu Tekan Kebakaran Lahan dan Hutan



Desa Siaga Api Bantu Tekan Kebakaran Lahan dan Hutan

InfoSAWIT, KALBAR - Kepala Desa Lembah Hijau 2, Tri Gunawan mengatakan, program Desa Siaga Api dan pembentukan Masyarakat Peduli Api telah membantu mereka mencegah terjadi kebakaran lahan dan hutan.  Sebelumnya, di setiap tahun di wilayah tersebut, kebakaran lahanacap terjadi. “Sebelumnya, setiap tahun mesti ada kebakaran lahan, namun saat ini kami mampu untuk mencegahnya. Ke depan, kami akan terus berusaha untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan,” katanya.

Selain mendapat bantuan sarana dan prasarana dalam bentuk alat-alat pemadam kebakaran dari perusahaan, secara swadaya Desa Lembah Hijau 2 juga telah menyisihkan dana sebanyak Rp 20 juta dari Alokasi Dana Desa (ADD) dalam upaya membantu mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Dana tersebut digunakan untuk kegiatan Satgas Desa Siaga Api yang berjumlah 15 orang yang dipilih dari warga setempat. “Kami tetap melalukan pemantauan potensi hotspot,” tandas Tri Gunawan.

Sementara Managing Director Golden Agri-Resources, Agus Purnomo mengatakan, pembentukan Desa Siaga Api ini menjadi salah satu upaya dalam merubah perilaku msyarakat, sehingga lebih berhati-hati sehingga  tidakmembuang puntung rokok dengan sembarangan, membuka lahan dengan cara tidak membakar, serta menjaga hutan dari kebakaran.

“Sasarannya adalah perubahan cara pandang dan perilaku untuk tidak menggunakan api dalam proses budidaya (perkebunan) mereka, dan harapannya  perilaku itu sudah berubah,” tutur Agus kepada InfoSAWIT. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit