infosawit

Mengenal BMP Kelapa Sawit



Mengenal BMP Kelapa Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Bagi sebagian petani sawit membudidayakan kelapa sawit denga cara semampunya dan serampangan yang dilakukan adalah hal biasa. Namun cara demikian justru memangkas penghasilan petani, lantaran budidaya tidak sesuai dengan Best Management Practices (BMP) bakal membuat produktivitas kelapa sawit rendah dan jauh dari potensi produksi yang dimiliki pohon sawit.

Sebab itu, mempelajari cara budidaya kelapa sawit yang baik perlu dilakukan, salah satunya dengan membaca buku panduan atau buku tentang BMP. Salah satu buku yang patut untuk dimiliki pelaku kelapa sawit termasuk petani adalah buku buah karya dari Maruli Pardamean.

Buku berjudul  “Best Management  Practice - Kelapa Sawit” merupakan karya ke enam dari Maruli Pardamean yang mengangkat BMP di perkebunan kelapa sawit. Dimana yang membuat menarik buku ini adalah lantaran buku ini dilengkapi dengan isu kekinian industri perkebunan kelapa sawit.

Misalnya saja mengenai dampak dari penerapan moratorium sawit yang akan diterapkan pemerintah Indonesia, termasuk menilai potensi yang akan hilang serta dorongan penerapan budidaya kelapa sawit berkelanjutan.

Pembahasan yang menarik lainnya ialah terkait skim kemitraan yang saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan petani, yang ingin melakukan kemitraan dengan  perusahaan perkebunan kelapa sawit.  Banyak skim yang bisa jadi pilihan namun ada skim yang memungkinkan untuk diterapkan yakni skim Inovasi Finansial.

Selain kedua isu tersebut, pada buku ini juga membahas BMP secara detil termasuk budidaya di lahan gambut bagi pelaku sawit yang memiliki areal sawit berjenis lahan gambut. Jelas infromasi di dalam buku ini akan sangat bermanfaat bagi yang membaca.

Terlebih hampir seluruh isi buku ini merupakan pengembangan dari artikel yang sudah diterbitkan di majalah InfoSAWIT, yang ditulis oleh Maruli Pardamean. Sehingga saat membaca buku ini bakal memperoleh ilmu yang lebih dalam mengenai budidaya kelapa sawit.

Dengan menerapkan anjuran BMP dari buku ini harapannya produksi kelapa sawit yang dibudidayakan bakal memperoleh produksi tinggi, dan mendapatkan keuntungan berlipat. Semoga.  (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit