infosawit

Dorong Kesejahteraan Petani Sawit melalui Inpres Moratorium



Dorong Kesejahteraan Petani Sawit melalui Inpres Moratorium

InfoSAWIT, BOGOR - Hari Tani Nasional (HTN) yang diperingati setiap tanggal 24 September merupakan hari lahirnya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) No. 5 Tahun 1960. Peringatan Hari Tani seyogyanya menjadi momen refleksi tentangkondisi yang dialami oleh petani diseluruh Indonesia, termasuk petani sawit.

Sejumlah persoalan yang dialami oleh petani sawit saat ini, diantaranya, tentang rendahnya produktivitas kebun sawit, minimnya akses modal, harga jual tandanbuahsegar (TBS) yang rendah akibatover produksi, akses crude palm oil (CPO)fund yang tidak tepat sasaran dan masih banyak persoalan lainnya.

Instruksi Presiden (Inpres) No. 8 Tahun 2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit baru saja terbit beberapa hari lalu. Diharapkan, Inpresitu menjadi pintu masuk perbaikan tata kelola kebun sawit di Indonesia.

Direktur Eksekutif Sawit Watch, Inda Fatinaware mengungkapkan, Inpres No. 8 Tahun 2018 menjadi langkah awal yang baik yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki tata kelola kebun sawit di Indonesia, termasuk untuk kesejahteraan petani sawit.

Inpres ini juga diharapkan dapat memberikan dampak pada perbaikan kondisi bagi petani sawit. “Beberapa hal yang bisa didorong melalui Inpres ini adalah dengan mengoptimalkan produktivitas kebun sawit rakyat yang ada, serta pemberian subsidi melalui CPO Fund kepada petani” ujar Inda dalam keterangan resmi kepadaInfoSAWIT, Senin (24/9/2018).

Sementara ituKepala Desk Kampanye Sawit Watch, Maryo Saputra Sannudinmengatakan, pelaksanaan Inpres perlu dikawal dan dipantau secara bersama agar dapat terimplementasikan dengan baik. “Fokus kita selanjutnya adalah rencana kebijakan Rancangan Undang-Undang Perkelapasawitan yang harus segera dihentikan,” tandas Maryo. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit