infosawit

Moeldoko: Skim Kemitraan Sawit Jadi Tantangan Kedepan



Moeldoko: Skim Kemitraan Sawit Jadi Tantangan Kedepan

InfoSAWIT, JAKARTA -  Kepala Staff Presdien, Jenderal Purn. Moeldoko mengaku dirinya paham benar dengan sektor pertanian lantaran lebih sering melakukan diskusi dengan para petani di lapangan, atau dengan para pakar untuk memecahkan masalah pertanian dan perkebunan. “Kenapa saya sering tahu karena setiap hari harus mendengarkan dari orang-orang pintar,” katanya.

Dengan begitu maka, masalah yang muncul di sektor pertanian bisa segera dapat dipecahkan, misalnya di perkebunan kelapa sawit skim kemitraan menjadi tantangan kedepan.

Sebab kemitraan bukanlah praktek yang mudah dilakukan, misal kasus disaat sudah disediakan lahan untuk mereka, malah lahan tersebut dijual dengan alasan terdesak kebutuhan sehari-hari. “Pola kemitraan ini perlu dipikirkan, petani juga tidak seperti yang kita bayangkan,” katanya.

Ketergantungan terhadap pupuk juga menjadi permasalahan lainnya yang perlu dicarikan jalan keluar, apalagi tidak semua petani memiliki modal tinggi. Sebab tanpa dilakukan pemupukan secara rutin maka produktivitas perkebunan kelapa sawit bakal melorot.

Lebih lanjut kata Moeldoko, isu lingkungan juga perlu dicermati, utamanya bagi perkebunan kelapa sawit yang dikelola para petani. “Serta menertibkan pabrik yang tidak memili kebun,” tandas Moeldoko. (T1)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit