infosawit

EPOA : Perkuat Komunikasi Dalam Perdagangan Minyak Sawit



EPOA : Perkuat Komunikasi Dalam Perdagangan Minyak Sawit

InfoSAWIT, BALI - Dikatakan Eddy Esselink dari European Palm Oil Alliance (EPOA), pihaknya mendorong untuk terus memperkuat kerjasama perdagangan minyak sawit, serta mengkomunikasikan perkembangan industri kelapa sawit di Indonesia dengan sejalas-jelasnya kepada para konsumen di Uni Eropa.

Eddy mengakui pihaknya selalu memperoleh suara sumbang terkait industri kelapa sawit asal Indonesia. “Sebab itu perlu diseimbangkan dengan diskusi dan komunikasi tentang sawit dan publik harus lebih banyak mendengar fakta sebenarnya, komitmen kami 100 persen minyak sawit berkelanjutan,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Bali.

Eddy pun berharap negara-negara produsen minyak sawit bisa meningkatkan kerjasama untuk naratif yang lebih lengkap, dengan membahas empat isu pokok yakni tanggung jawab (Responsibility), kolaborasi (Collaboration), penerapan praktik berkelanjutan (Sustainability), serta efektivitas (Effectiveness).

Berdasar hitungan Eddy, impor minyak sawit Uni Eropa adalah sekitar 17% dari impor minyak sawit global, sebab itu seluruh produsen minyak sawit harus terlibat dan melakukan kerjasama.

Sejatinya tutur Eddy, debat mengenai minyak sawit di UE sudah terjadi semenjak lima tahun lalu atau tepatnya pada tahun 2013, dimana awal diskusi mengenai minyak sawit dibahas pada tiga negara yakni Denmark, Prancis dan Jerman.

Tahun 2014 diskusi mengenai minyak sawit mulai meningkat dan menyebar ke negara-negara lain di UE, dimana mulai muncul juga dengan perspektif berbeda dimana Jerman, Belanda, Denmark, dan Swedia masih menerima minyak sawit. Sementara untuk Prancis dan Norwegia mulai ada penolakan terhadap penggunaan minyak sawit.

Sementara negara lainnya seperti Spanyol, Polandia, Austria, Italia, Republik Cheko, masih bersikap netral untuk penggunaan minyak sawit. “Pada tahun 2016 menjadi awal perdebatan minyak sawit yang terjadi hampir di seluruh negara yang ada di Uni Eropa,” katanya. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit