infosawit

Cegah Karhutla, Sinar Mas Resmikan Program DMPA Bagi 10 Desa di Kalteng



Cegah Karhutla, Sinar Mas Resmikan Program DMPA Bagi 10 Desa di Kalteng

InfoSAWIT, PALANGKARAYA – Dikatakan CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Tengah Utara, Willy Agung Adipradhana, pengendalian dan pencegahan kebakaran lahan dan hutan adalah tanggung jawab bersama.

Terlebih dengan datangnya musim kemarau saat ini, potensi kebakaran hutan dan lahan menjadi semakin besar terutama di Kalimantan Tengah. “Kita semua memiliki peranan penting dalam melakukan upaya pencegahan kebakaran. Bersama-sama kita harus melindungi dan menjaga tempat dimana kita tinggal, beraktifitas dan dimana keluarga kita bertumbuh,” ujar Willy dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Sementara berdasarkan data akumulasi titik panas Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) jumlah titik panas pada pertengahan Juli 2018 di Kalimantan Tengah mencapai 838 titik. Hal ini menempatkan Kalimantan Tengah sebagai propinsi dengan titik panas terbanyak setelah Kalimantan Barat di bumi Borneo.

Sebab itu guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhula), Sinar Mas Agribusiness and Food perusahaan agro bisnis global dengan bisnis kelapa sawit terintegrasi dari hulu hingga hilir memperluas cakupan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) bagi 10 desa dampingan yang berlokasi di wilayah Kecamatan Seruyan Tengah dan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan.

Peresmian program DMPA tersebut dilakukan pada 20 September 2018 lalu sebagai upaya perusahaan untuk mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla) dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat setempat.

Hingga kini, program DMPA sudah terdapat di 22 desa yang tersebar di Jambi, Riau, dan Kalimantan Barat. Mengikuti kesuksesan program DMPA lainnya dalam mengurangi karhutbunla, pada pertengahan kedua tahun ini program DMPA di Kalimantan Tengah dilaksanakan di sepuluh desa dampingan perusahaan yaitu Desa Sandu, Derawa, Batu Menangis, Durian Kait, Sahabu, Wana Tirta, Suka Mulya, Gantung Pangayuh, Tangga Batu dan Teluk Bayur. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit