infosawit

Kesepakatan Alot, Harga Sawit di Subussalam Anjlok



Kesepakatan Alot, Harga Sawit di Subussalam Anjlok

InfoSAWIT, ACEH - PT PMKS dan pemerintah belum merealisaskian harga jual TBS (tandan buah segar) kelapa sawit, sementara itu harga jual kelapa sawit di kota Subulussalam, Banda Aceh semakin anjlok.

Syekh Hamzah Fansuri, selaku himpunan pelajar perantauan (HPP - SHAF) menekan pihak – pihak yang terlibat agar tranparan dalam menentukan harga nota kesepakatan yang disepakati pada 17 September 2018 lalu. Hal tersebut dapat merugikan petani yang mayoritas penghasilannya dari kelapa sawit.

Seperti dikutip olehInfoSAWIT dari serambinews, kesepakatan bersama antara pemerintah, legislatif, juga pihak perusahaan harus segera direalisasikan,kata ketua HPP-SHAF, Hasbi Bancin. Ia menerangkan, pihak pabrik  kelapa sawit bersedia mengikuti harga TBS  yang ditetapkan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh secara periodik, sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh No. 39 tahun 2015. Pihak pabrik juga wajib menampilkan papan informasi harga TBS di parbik mereka.

Hasbi Bancin menginginkan, pihak pabrik kelapa sawit menyampaikan dokumen harga dan jumlah penjualan CPO dan PK, selambat – lambatnya, satu kali setiap bulan kepada pemerintah. Pihak pabrik dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia(APKASINDO) kota Subulussalam wajib mensosialisasikan dan menerapkannya kepada petani dan juga pengusaha pengumpul buah  tentang standar buah yang layak diterima oleh pabrik, berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 01/Permenten/KB.120/2018 tanggal 02 Januari 2018.  (T3)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit