infosawit

Beragam Isu Jadi Tantangan Industri Kelapa Sawit Indonesia



Beragam Isu Jadi Tantangan Industri Kelapa Sawit Indonesia

InfoSAWIT, JAKARTA - Pengembangan perkebunan kelapa sawit kedepannya, diyakini, akan semakin kompleks, menyusul munculnya beragam isu pada pengembangan perkebunan kelapa sawit. Misalnya, isu global terkait isu lingkungan, hak asasi manusia, isu tenaga kerja hingga isu pekerja anak dibawah umur.

Selain isu global, perkebunan kelapa sawit juga menghadapi isu lokal yang tak kalah penting. Misalnya, muncul berbagai regulasi dandianggap menghambat pengembangan perkebunan kelapa sawitkendati ada regulasi yang memiliki dampak positif bagi pengembangan perkebunan kelapa sawit nasional.

Namun Chief Operation Officer (COO) PT Sampoerna Agro Tbk, Parluhutan Sitohangmengatakan, para profesional yang berkarya di sektor kelapa sawit harus memahami isu-isu tersebut, termasuk memahami beragam regulasi yang ada. “Kalau dulu, kan kita hanya kerja saja, namun sekarang kita harus memahami kondisi yang ada. Kalaupun ada pengembangan perkebunan kelapa sawit pasti dilakukan di lahan marginal.Sebab itu, butuh energi besar dan kesabaran, selain kekuatan modal yang besar,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Isu lokal lainnya yang perlu dipahami dengan baik ialah masalah konflik sosial yang terkadang setiap saat bisa muncul tiba-tiba. Biasanya konflik social inimuncul akibat adanya kecemburuan diantara masyarakat.(T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT edisi Agustus 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit