infosawit

DPRD Sekadau Minta Usut Pembelian Buah Sawit Langgar Aturan



DPRD Sekadau Minta Usut Pembelian Buah Sawit Langgar Aturan

InfoSAWIT, SEKADAU – Masih rendahnya harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit  ditingkat petani bukan saja disebabkan oleh rendahnya harga minyak sawit mentah (CPO) maupun kernel, namun ada faktor lainnya, yakni ulah nakal oknum perusahaan yang ikut menggerus harga buah sawit dari petani.

Misalnya baru-baru ini, dikutip InfoSAWIT dari Suara Kalbar.co.id, ketua koperasi dan perwakilan petani dari PT. Grand Utama Mandiri (PT.GUM) melaporkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sekadau, jika PT.GUM dalam membeli TBS petani harus melalui  CV. Prima Jasa dan tidak melayani pembelian TBS melalui KUD atau kelompok tani.

Sebab itu tutur Anggota DPRD Sekadau dari Partai Hanura, Liri Muri, petani tidak ada pilihan lain untuk penjualan TBS, lantaran pihak perusahaan mengharuskan petani menjual lewat CV. Prima Jasa, yang sudah memiliki kontrak dengan PT. GUM.

Padahal tutur Liri, dalam  Permentan Nomor 1 tahun 2018, dan Pergub Kalbar  Nomor 86 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penetapan Indek K Dan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Perkebunan pasal 12 ayat 1 berbunyi, "Pabrik kelapa sawit yang berada diwilayah Kalimantan Barat wajib membeli TBS pekebun melalui kelembagaan pekebun kelapa sawit dan atau kelompok pekebun kelapa sawit sesuai harga yang ditetapkan tim"

Pada ayat 2 mencatat, kewajiban pembelian TBS pekebun kelapa sawit sebagaimana dimaksud pada ayat 1 adalah pekebun kelapa sawit mitra inti plasma dan pekebun kelapa sawit swadaya yang berada disekitar kebun inti radius 30 Km dari Pabrik kelapa Sawit (PKS) dan sudah dimitrakan oleh Kepala dinas yang membidangi perkebunan di Kabupaten kota.

lantas, pada pasal 13 ayat 1 tercatat, PKS suatu perusahaan dilarang membeli TBS pekebun kelapa sawit yang sudah terikat dengan kemitraan dengan PKS perusahaan lain, dan pada ayat 2 mencatat, pembelian TBS kelapa sawit sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan secara langsung oleh PKS.

sementara dikatakan Ketua Apkasindo kabupaten Sekadau, Samuel, menyayangkan pihak perusahaan melakukan pembelian TBS melalui pihak ketiga di luar mitranya. "Itu jelas melanggar aturan," tandas Samuel. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit