infosawit

Mendag Bahas IEU-CEPA, Serta Strategi Kerjsama Produsen Minyak Sawit



Mendag Bahas IEU-CEPA, Serta Strategi Kerjsama Produsen Minyak Sawit

InfoSAWIT, MADRID – Dalam kunjungannya ke Spanyol, Menteri Perdagangan Indonesia, Enggartiasto Lukita mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata Spanyol, Maria Reyes Maroto Illera dan pertemuan bilateral dengan Menteri Industri Utama Malaysia, Teresa Koh Sum Sim.

Pertemuan dengan Menteri Maria Reyes Maroto Illera membahas upaya percepatan perundingan Indonesia-European Union Comprehensif Economy Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Dalam keterangan resmi kepadaInfoSAWIT belum lam ini, Enggartiasto secara khusus meminta dukungan dan kerja sama Spanyol agar beberapa produk ekspor utama Indonesia ke pasar Eropa, seperti, perikanan, perkebunan, dan industri mendapat liberalisasi yang lebih baik di pasar.

Pertemuan bilateral dengan Menteri Industri Utama Malaysia Teresa Koh Sum Sim membahas strategi peningkatan kerja sama negara produsen minyak kelapa sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC) dalam melawan kampanye negatif anti minyak kelapa sawit.

“Indonesia dan Malaysia akan bekerja sama menyusun strategi dan mengkampanyekan minyak kelapa sawit yang berkelanjutan untuk melawan kampanye negatif,” tutur Enggartiasto.

Ekspor minyak kelapa sawit Indonesia ke Uni Eropa pada tahun 2017 sebesar US$ 3,83 miliar atau naik 35,27 persen dari tahun sebelumnya, sebesar US$ 2,83 miliar. Sedangkan ekspor komoditas ini ke Spanyol pada tahun 2017 sebesar US$ 1,17 miliar atau naik signifikan sebesar 98,38 persen dari tahun sebelumnya, sebesar US$ 795,09 juta.(T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit