infosawit

Siap-Siap Kena Sanksi Bia Tak Terapkan Biodiesel Sawit (B20)



Siap-Siap Kena Sanksi Bia Tak Terapkan Biodiesel Sawit (B20)

InfoSAWIT, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam dua pekan ini sedang mempersiapkan siapa yang akan kena sanksi karena tidak mengimplementasikan perluasan penggunaan biodiesel atau B20. Sanksi yang diberikan adalah mengenakan denda kepada badan usaha yang terbukti tidak menerapkan kebijakan B20.

"Sebab itu kami lakukan evaluasi minggu per minggu seperti apa pelaksanaannya. Pertamina bilang FAME (Fatty Acid Methyl Esters)-nya belum ada. Tapi, kami maksimum dua minggu ini akan memutuskan, siapa yang akan kena denda," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat ditemui di kantor Badan Pusat Statistik (BPS), Rabu (26/9/2018).

Lebih lanjut Darmin menjelaskan, denda yang akan dikenakan sebesar Rp 6.000 per liter. Nominal denda yang terhitung besar itu diterapkan supaya pihak terkait bisa menjalankan program B20 dengan baik dan tidak menganggap kebijakan itu sebelah mata. "Kalau tidak ada instrumen denda, nanti dianggap gampang," tutur Darmin.

Dikutip dari kompas.com, dalam memantau implementasi B20, ada tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Tim dari Kementerian ESDM akan memantau implementasi B20 secara keseluruhan. (T3)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit