infosawit

Selamat Menempuh Hidup Baru Desi Kusumadewi



Selamat Menempuh Hidup Baru Desi Kusumadewi

InfoSAWIT, JAKARTA – Bagi pelaku perkebunan kelapa sawit tentu kenal benar dengan sosok Deuxiemi Natalia Kusumadewi  yang akrab dipanggil Desi Kusumadewi. Setelah melepas jabatan sebagai RSPO Liaison Indonesia, kini ada kabar bahagia datang dari perempuan kelahiran Bogor ini, lantaran pada 25 September 2018 lalu, Desi telah melangsungkan pernikahannya dengan Muhammad Farid, asal Sulawesi Barat, Kabupaten Majene.

Dari catatan InfoSAWIT,  Desi telah memulai karir di perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat semenjak tahun 2000 lalu, paska selesai menempuh pendidikan S1 pada 1992 di Institut Pertanian Bogor (IPB), Jurusan agribisnis.

Kecintaan dirinya kepada dunia sawit, juga mendorong skim sustainability dengan bergabung di organisasi nirlaba, Roundtable on Sustainable palm oil (RSPO) sejak 2006, dengan jabatan terakhir sebagai Direktur RSPO Indonesia.

Lantas, sempat melanjutkan pendidikan S2 pada tahun 2009 silam di Universitas Twente Belanda. Tahun 2015, dirinya bergabung dengan IDH The Sustainable Trade Initiative dengan berfokus kepada pendekatan sustainable  landscap.

Saat ini Desi bekerja di perusahaan sawit PT Sumber Sarana, sebagai Head of Sustainability, dimana pengalaman bekerjanya selama di RSPO dan IDH dapat diterapkannya.

Tidak jauh berbeda, Farid yang kini telah menjadi suami Desi juga bukan orang semabarangan, Farid merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB),  Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan, Fakultas Kehutanan. Pada tahun 2006, melanjutkan studi S2 dengan memilih Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia.

Mengawali karir sebagai aktivis Conservation Internasional (CI) di Papua selama 7 tahun dan 4 tahun di Sumatera. Farid kemudian mewakili UN REDD Indonesia, dan bergabung di Dewan Perubahan Iklim pada November 2011.

Awal tahun 2013, Farid pindah ke BP REDD. Sekarang berkarir sebagai konsultan di Partnership for Governance Reform dengan portofolio membantu Direktorat Jenderal Pengendalian Iklim, KLHK dan jadi bagian delegasi Indonesia di berbagai negoisasi iklim dibawah UNFCC.

Secara garis besar, pasangan berbahagia ini memiliki kecintaan yang sama kepada dunia lingkungan hidup. Selamat dan sukses mengarungi bahtera rumah tangga. (T1)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit