infosawit

Peremajaan Sawit Rakyat Butuh Penyederhanaan Aturan



Peremajaan Sawit Rakyat Butuh Penyederhanaan Aturan

InfoSAWIT, JAKARTA -  Sabarudin dari Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) menilai, sulitanya program peremajaan sawit rakyat itu lantaran sederet persyaratan yang ditetapkan kepada petani kelapa sawit. Alih-alih hendak meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat swadaya, yang muncul justru beragam biaya administrasi pengurusan prasyarat peremajaan sawit rakyat.

Sebab itu kata Sabarudin, pihaknya saat ini sedang melakukan analisa kendala dan biaya yang ditimbulkan dalam memenuhi prasyarat untuk  bisa memperoleh pendanaan dari BPDP-KS tersebut. “Perhitungan kami untuk sementara guna memenuhi persyaratan program peremajaan sawit rakyat setidaknya petani harus bisa menyiapkan dana sebanyak Rp 10 juta sampai Rp 15 juta,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Munculnya sejumlah biaya sebelum petani sawit mengajukan program peremajaan sawit rakyat tersebut lebih pada banyak dalam proses pengurusan adminsitrasi guna memenuhi syarat yang ditetapkan dalam program peremajaan sawit rakyat.

Kendala lainnya adalah, peraturan yang ditetapkan pada tingkat pemerintah pusat tidak selaras dengan ketentuan yang dibuat pada tingkat pemerintah daerah, akibatnya terjadi benturan regulasi antara regulasi dari pemerintah pusat dan daerah.

Bai petani banyaknya prasayarat untuk  bisa mengikuti program peremajaan sawit rakyat menjadi perhatian utama, berdasarkan informasi yang didapat InfoSAWIT, prasyarat yang telah ditentukan untuk bisa mengikuti program peremajaan sawit rakyat bagi petani swadaya, paling tidak harus memenuhi sekitar 34 persyaratan yang telah ditetapkan. Bila tidak bisa memenuhi sederet persyaratan tersebut maka bisa dipastikan petani swadaya tidak bisa mengikuti program pemerinta tersebut. (T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT Edisi Agustus 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit