infosawit

Kontribusi Planters Sawit Dongkrak Kinerja Perkebunan Nasional



Kontribusi Planters Sawit Dongkrak Kinerja Perkebunan Nasional

InfoSAWIT, JAKARTA - Kini profesi planter mulai nampak sepi peminat, salah satu alasannya lantaran lokasi kerja yang berada di pelosok daerah. Sementara bagi para planter muda, banyak tidak tahan dengan kondisi sepi dan jauh dari keramaian, serta jauh dari jangkauan sinyal wifi (sarana telekomunikasi).

Belum lagi persaiangan tenaga kerja planter dari negara luar, terlebih tidak sedikit perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia banyak pula yang mempekerjakan ekspatriat. Padahal kualitas planter profesional di Indonesia bisa dikatakan tidak kalah hebatnya.

Dari banyaknya keprihatinan tersebut termasuk terus surutnya peminat para generasi muda melakoni profesi planter, maka para planter di Indonesia sepakat untuk membentuk Indonesian Planters Society (IPS) atau Masyarakat Planter Indonesia.

Dikatakan Ketua Umum IPS, Zulham S Koto, munculnya IPS adalah bentuk  kepedulian beberapa planter Indonesia akan adanya wadah profesi para planter Indonesia, lantaran sampai saat ini belum ada lembaga yang mempersatukan para planter untuk bisa urun rembug dan berdikusi seputar profesi planter.

Sementara di negera Jiran telah membentuk Incorporated Society of Planters (ISP), yang menjadi wadah bag para planter di Malaysia. Tercatat lembaga ini telah terbentuk semenjak 100 tahun silam.

Sebab itu kata Zulham, dengan adanya IPS maka para planter Indonesia dapat bersinergi dalam mengembangkan profesionalisme planter Indonesia serta berkontribusi dalam meningkatkan kinerja perkebunan Indonesia. “Karena planter adalah ujung tombak dari Kinerja Industri Perkebunan,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini. (T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT Edisi September 2018

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit