infosawit

Sistem Evaporasi Alfa Laval Dorong Pabrik Kelapa Sawit Hindari Gas Metana



Sistem Evaporasi Alfa Laval Dorong Pabrik Kelapa Sawit Hindari Gas Metana

InfoSAWIT, JAKARTA - Industri pabrik kelapa sawit merupakan salah satu pilar kunci tumbuhnya perekonomian di Asia Tenggara. Akan tetapi, pilar ekonomi yang penting ini juga menyebabkan ancaman yang signifikan bagi lingkungan, terutama terkait dengan palm oil mill effluent (POME) yang selalu menjadi tantangan tersendiri bagi pabrik.

POME, merupakan hasil dari pengolahan minyak kelapa sawit yang tidak dapat dihindari. Sifat POME yang cenderung asam dan kaya akan konten organik ini, memiliki potensi untuk mencemari badan sungai dan menghasilkan gas rumah kaca jika tidak diolah dengan benar sebelum dibuang.

Umumnya, POME diolah menggunakan sistem kolam yang melibatkan proses biologis anaerobik dan aerobik. Proses anaerobik akan menghasilkan gas rumah kaca seperti gas metana yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Untuk mencegah proses pencemaran, pemerintah Malaysia telah mengharuskan semua pabrik kelapa sawit untuk membangun fasilitas penangkap biogas atau pencegahan pencemaran gas metana sebelum tahun 2020.

Meskipun beberapa pabrik dapat menjual energi terbarukan yang dihasilkan dari pabrik biogas ke jaringan listrik nasional dengan harga dasar jual listrik (feed in tariff) yang cukup menarik, beberapa pabrik masih mengalami kesulitan terutama untuk yang berada di daerah seperti Sarawak.

Capital Investment yang tinggi juga telah menghentikan langkah sebagian besar pabrik. Dewasa ini, pabrik minyak kelapa sawit menghadapi banyak tantangan dari berbagai aspek, mulai dari memenuhi permintaan yang terus melonjak sampai memastikan kepatuhan terhadap peraturan lingkungan saat ini, sambil membatasi pengeluaran yang terus meningkat dan tetap kompetitif. Akan tetapi, mungkin ada teknologi revolusioner yang menunggu dimanfaatkan yang akan membuat semuanya menjadi lebih mudah.

POMEvap adalah sistem evaporasi Alfa Laval untuk menangani POME secara efisien. Saat ini proses pengurusan paten untuk system ini sedang berlangsung. Sistem evaporasi ini menggabungkan beberapa Alat Perpindahan Panas Alfa Laval dan kondensor Alfa Laval untuk mengolah raw POME menjadi dua produk, yaitu konsentrat padat dan distilat cair.

Melalui multiple effect evaporasi, sisa minyak dari raw POME yang tidak dapat diambil sepenuhnya dari oil room dapat dikonsentrasikan lebih lanjut dengan menggunakan dekanter. Setelah proses pengambilan minyak menggunakan dekanter, cake dekanter akan dicampur bersama dengan heavy phase dan ditransfer kembali ke evaporator terakhir. Untuk informasi selengkapnya, silakan menghubungi: sugiri.mail@alfalaval.com    (ADV)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit