infosawit

Menghitung Serapan Karbon Untuk Pekebun Kelapa Sawit (Petani)



Menghitung Serapan Karbon Untuk Pekebun Kelapa Sawit (Petani)

InfoSAWIT, JAKARTA - Sebagai bentuk praktik berkelanjutan di perkebunan kelapa sawit, pendugaan kemampuan serapan karbin di level petani pun dilakukan. partisipasi koperasi rimba harapan menjadi bukti, kelapa sawit yang dikelola petani sawit bisa memiliki kontribusi pada pengurangan gas rumah kaca (GRK).

Koperasi Rimba Harapan yelah terlibat dalam perumusan panduan pendugaan kemampuan serapan karbon di level petani kelapa sawit. Penyusunan panduan ini dilakukan di lokasi kebun milik anggota koperasi pada akhir tahun 2017 lalu. Keikutsertaan koperasi dalam penyusunan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen petani untuk mewujudkan sawit yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) secara terus-menerus berupaya mengkampanyekan terciptanya perkebunan kelapa sawit mandiri yang berkelanjutan. Salah satu aktifitasnya dalam mewujudkan misi tersebut ialah dengan menyusun panduan pendugaan kemampuan serapan karbon di level petani.

Dalam hal penyusunan SPKS melibatkan Koperasi Rimba Harapan yang berlokasi di Desa Merarai Satu, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Koperasi ini merupakan lembaga petani kelapa sawit di Sintang yang memiliki visi berasaskan pada sawit berkelanjutan.

Seperti diungkapkan Kepala Departemen Inovasi dan Berkelanjutan SPKS, Swisto Win, penyusunan panduan di level petani ini berdasarkan pada besarnya peran petani kelapa sawit swadaya bagi sektor kelapa sawit di Indonesia.

Terlebih sekitar 42% dari total luasan perkebunan kelapa sawit nasional dikelola oleh petani. Sebagai aktor strategis dalam perkebunan nasional, tentu perlu adanya peningkatan kapasitas agar kedepannya petani semakin mandiri dan berkelanjutan. (Dian Maya Sari /Project Communication Serikat Petani Kelapa Sawit - SPKS)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT cetak Edisi Agustus 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit