infosawit

Putusan MK No 138/2015 Jadi Disinsentif Bagi Pelaku Usaha Kelapa Sawit



Putusan MK No 138/2015 Jadi Disinsentif Bagi Pelaku Usaha Kelapa Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Bagi pelaku perkebunan kelapa sawit jelas amar putusan MK No. 138/2015 telah menjadi disinsentif bagi pengembangan perkebunan kelapa sawit nasional. Ini lantaran, membangun perkebunan kelapa sawit tidak serupa dengan membangun industri lainnya.

Kata Direktur Eksekutif Gabugan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Mukti Sardjono, membangun perkebunan kelapa sawit pada dasarnya  adalah membangunan perkonomian wilayah, saat kebun dibangun, maka demikian juga dilakukan pembangunan sarana dan prasarana pemukiman termasuk perkantoran, pekerja, fasilitas sosial dan ekonomi, pendidikan, keagamaan, kesehatan, transportasi, dan masih banyak lainnya.

Sehingga wajar bilamana pembangunan perkebunan kelapa sawit setidaknya memerlukan waktu minimal  5 tahun sebelum kebun mulai berproduksi  (pembukaan lahan, pembibitan, sarana dan  prasarna kebun, penanaman dan pemeliharaan  tanaman, pendirian pabrik, panen, pengolahan,  pemasaran).

Dengan munculnya keputusan MK No 138/2015, telah, pula memunculkan beragam kendala yang mesti segera dicarikan solusinya, seperti bagaimana dengan investasi tanaman kelapa sawit yang sudah ada dan telah menadapatkan IUP, sementara HGU masih dalam proses.

“Kondisi ini berpotensi merugikan, lantaran biaya investasi kebun bisa mencapai Rp 80 juta/ha, produksi akan hilang sekitar 4 ton CPO/ha, belum lagi akan muncul pengangguran, berdampak pada pendapatan masyarakat, mengurangi arus ekspor dan menggerus uang yang beredar,” tutur Mukti.

Sebab itu Mukti mengusulkan, apakah kemudian memungkinkan pengurusan lahan dilakukan dan disediakan oleh pemerintah, sementara pengusaha hanya menyelesaikan proses administrasinya, seperti yang dilakukan pada Kawasan Berikat. (T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT cetak Edisi September 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit