infosawit

Perkebunan Sawit Sime Darby Dan Nestlé Buka Pengaduan Pekerja Lewat Platform Helpline



Perkebunan Sawit  Sime Darby Dan Nestlé Buka Pengaduan Pekerja Lewat Platform Helpline

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Perushaan Perkebunan Kelapa Sawit Malaysia, Sime Darby Plantation Berhad (SDP) dan Nestlé sepakat melakukan kolaborasi untuk program penyediaan saluran bantuan bagi para pekerja perkebunan SDP yang bekerja di perkebunan Perusahaan di Malaysia dengan platform Helpline.

Tujuan dari helpline adalah untuk memberikan kesempatan yang efektif bagi pekerja untuk melaporkan kondisi kerja, rekrutmen, keselamatan, dan masalah lain yang mungkin mempengaruhi mereka secara langsung atau tidak langsung melalui saluran komunikasi yang didukung teknologi.

"Kolaborasi kami dengan Nestlé terkait komitmen SDP dalam Piagam Hak Asasi Manusia untuk 'memberikan akses ke perbaikan bagi siapa saja yang dirugikan di mana bisnis tersebut menyebabkan atau berkontribusi terhadap bahaya itu.' Helpline yang ditingkatkan memperkuat prosedur keluhan dan saluran whistle blowing kami yang sudah ada sudah tersedia untuk semua karyawan kami dan pihak eksternal, "kata Chief Sustainability Officer SDP, Simon Lord, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Rabu (7/11/2018).

Dengan beberapa pilihan masukan, saluran bantuan baru akan memungkinkan para pekerja untuk memilih saluran yang paling nyaman bagi mereka, baik melalui SMS, Facebook Messenger atau nomor bebas pulsa, dikelola 7 hari seminggu pada jam kerja.

Kemampuan multi-bahasa sistem ini diharapkan dapat meningkatkan komunikasi, sehingga meningkatkan pemahaman lebih lanjut, aksesibilitas dan meningkatkan kepercayaan dalam penggunaan saluran bantuan di antara pekerja dari berbagai negara.

Helpline ini dikembangkan secara bersama Responsible Business Alliance’s (RBA) dan Responsible Labour Initiative, dimana Nestlé adalah salah anggota, dan oleh ELEVATE, yang mengimplementasikan saluran bantuan Amader Kotha Helpline di Bangladesh. “Kami memuji kepemimpinan Sime Darby Plantation dan Nestlé dalam mendukung mekanisme pengaduan eksternal yang benar-benar kuat untuk sektor minyak sawit,” kata Vice President of Worker Engagement di  ELEVATE, Heather Canon.

Sebagai produsen minyak sawit berkelanjutan terbesar yang bersertifikat di dunia, pekerja perkebunan menjadi tulang punggung operasi dari SDP menuju keberlanjutan. Di Malaysia, SDP mempekerjakan lebih dari 39.000 dalam operasi Hulu, termasuk pekerja asing terutama dari Indonesia, Bangladesh dan Nepal. (T2)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit