infosawit

CPOPC Bakal Dorong Keberpihakan Ke Petani Kelapa Sawit



CPOPC Bakal Dorong Keberpihakan Ke Petani Kelapa Sawit

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Dalam kegiatan 5th Ministerial Meeting Council of Palm Oil Producing Countries (ICPOPC) di Putrajaya, Malaysia, lembaga produsen sawit telah berkomitmen untuk mendorong keberpihakan terhadap petani kelapa sawit yang berkontribusi besar dalam capaian produksi global.

Lantas, Indonesia dan Malaysia memprioritaskan pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan petani melalui peningkatan implementasi Good Agricultural Practices (GAP) dan program peremajaan sawit. Tidak hanya itu, keduanya juga berkomitmen untuk mengadakan Business and Smallholders Forum pada tahun 2019 mendatang.

Selanjutnya, gun memperkuat kerja sama dengan negara penghasil kelapa sawit lain, CPOPC menetapkan Kolombia sebagai anggota dari CPOPC. Penetapan Kolombia sebagai anggota CPOPC ini mempertimbangkan posisi Kolombia sebagai salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar di Benua Amerika. Adapun hal ini diharapkan dapat menghasilkan kerjasama strategis untuk mempromosikan kepentingan industri kelapa sawit dalam ekonomi global.

“Sangat penting bagi CPOPC untuk memperluas keanggotannya guna memperkuat posisi daya tawar sekaligus kerjasama dengan negara produsen kelapa sawit lainnya” tambah Darmin, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Kamis (8/11/2018), di Putrajaya, Malaysia

Kedua negara juga menyepakati pentingnya konsolidasi program mandatori biodiesel di seluruh negara anggota sekaligus mendorong penggunaan biodiesel ke negara-negara pengguna kelapa sawit. (T2)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit