infosawit

Pemda Sintang Sepakat Terapkan Sawit Berkelanjutan



Pemda Sintang Sepakat Terapkan Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, KOTA KINABALU – Guna mencari solusi dari pengembangan sektor komoditas di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, pihak Pemrintah Daerah sepakat untuk bergabung dengan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), beserta 7 pemda laninnya.

Dikatakan Kepala Seksi Perkebunan Rakyat Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Sintang, Arif Setiabudi, keikutsertaan Kabupaten Sintang pada kegiatan LTKL ialah untuk menata kembali pengembangan komoditas strategis di wilayah tersebut, diantaranya kelapa sawit, karet dan komoditas penting lainnya.

Harapannya dengan kegiatan ini Kabupaten Sintan mampu menghasilkan komdoditas perkebunan sesuai dengan kaidah lingkungan dan sosial. “Salah satunya dengan pengembangan sawit secara berkelanjutan,” katanya disela-sela acara Roundtable Meeting (RT 16) di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia kepada InfoSAWIT, Selasa (13/11/2018).

Lebih lanjut akata Arif, cara demikian juga untuk menjaga sinergisitas pengembangan sektor komoditas yang telah ditetapkan pihak pemerintah pusat. Dari informasi yang didapat InfoSAWIT sekitar 59% wilayah Kabupaten Sintang berupa kawasan hutan dan sebanyak 49% adalah lahan budidaya komoditas. “Saat ini kami sedang mendata seluruh komoditas sehingga memeliki data yang sahih,” katanya.

Sementar untuk luasan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sintang seluas 173 ribu berupa lahan yang dikelola perusahaan perkebunan dan sebanyak 30 ribu ha dikelola oleh petani sawit. “Kedepan untuk perkebunan kelapa sawit diarahkan untuk memperoleh sertifikat RSPO dan ISPO,” tandas Arif. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit